Beranda Kesehatan Tracing PDP, 15 Warga Bungur Tulungagung Reaktif Rapid Test

Tracing PDP, 15 Warga Bungur Tulungagung Reaktif Rapid Test

BERBAGI
Wakil juru bicara GTPP Tulungaung, Galih Nusantoro.(foto: maman firmansyah)

AGTVnews.com – Lakukan tracing kepada 1 orang Pasien Dengan Pengawasan (PDP) asal Desa Bungur Kecamatan, Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) Covid-19 Tulungagung dapatkan 14 warga desa setempat reaktif Rapid Test.

Wakil juru bicara GTPP, Galih Nusantoro mengatakan, kini 14 warga sudah menjalani karantina di Rusun Mahasiswa IAIN Tulungagung, sedangkan 1 orang PDP menjalani perawatan di RSUD dr Iskak Tulungagung.

“Total ada 15 orang yang reaktif termasuk satu PDP ini. Yang 14 sekarang sudah dikarantina di Rusun IAIN Tulungagung, satunya masih dirawat,” ujarnya, Jumat (5/6/2020).

| Baca Juga:  Ini Penyebab Seringnya Pemadaman Listrik di Tulungagung

Galih menjelaskan, temuan 14 orang reaktif rapid test ini bermula dari hasil tracing terhadap 1 orang PDP asal desa setempat. Pasien ini mengeluhkan pneumonia dan memeriksakan diri ke RSUD dr Iskak Tulungagung. Saat dilakukan rapid test atas yang bersangkutan hasilnya reaktif.

Dengan adanya temuan tersebut, GTPP langsung melakukan tracing kepada keluarga dekat dan tetangga PDP. Hasilnya dari 32 orang yang menjalani rapid test dipastikan 14 diantaranya reaktif rapid test.

“Yang kita tracing ada 32 orang, mulai dari keluarga sampai tetangganya. Hasilnya 14 yang reaktif,” jelasnya.

| Baca Juga:  SMP Favorit Tetap Diserbu Pendaftar

Berdasarkan hasil tracing sementara yang diperoleh tim, kemungkinan PDP tersebut terpapar dari suaminya yang memiliki riwayat perjalanan Surabaya ke Tulungagung dengan intensitas cukup tinggi, yakni seminggu sekali.

Ditambahkan Galih, 14 warga yang reaktif ini merupakan warga yang tinggal di satu RT , satu RW dan satu gang sekitar rumah PDP saja.

“Kita lihat nanti, perkembanganya bagaimana? Kalau perlu diisolasi yang isolasi, kita lihat dulu,” pungkasnya. (*)

Reporter : Maman Firmansyah
Editor : Linda Kusuma