Beranda Kesehatan 3 Warga Positif Corona, Pemkot Blitar Lockdown Satu Kelurahan

3 Warga Positif Corona, Pemkot Blitar Lockdown Satu Kelurahan

BERBAGI
3 Warga Positif Corona, Pemkot Blitar Lockdown Satu Kelurahan
data terkini sebaran covid-19 di Kota Blitar. (foto: ana alana)

AGTVnews.com – Pemerintah Kota Blitar melalui Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 melakukan lockdown atau karantina wilayah di Kelurahan Rembang. Karantina dilakukan setelah tiga orang warganya yang masih satu keluarga dinyatakan positif terpapar virus Corona.

Juru bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Blitar M Muchlis mengatakan, informasi terbaru 2 anak perempuan berusia 9 tahun dinyatakan positif Covid-19 pada Rabu (8/7/2020). Keduanya merupakan kontak erat dari pasien wanita berusia 45 tahun seorang tenaga medis di sebuah RS di Kabupaten Blitar. Tenaga medis ini terkonfirmasi positif pada Sabtu (5/7/2020) lalu.

“Jadi kasus konfirmasi terbaru ini merupakan anak dari kasus 5 Juli seorang wanita berusia 45 tahun yang bekerja sebagai tenaga medis di salah satu RS di Kabupaten Blitar,” ujar Muchlis, Rabu (8/7/2020).

| Baca Juga:  Dapat Jatah, Masing-Masing Paslon Bisa Pasang APK Tambahan

Muchlis menambahkan, lockdown lokal diberlakukan karena ketiga pasien positif ini setelah dilakukan tracing memiliki riwayat kontak erat dengan 23 orang di lingkungan setempat.

“Dari hasil tracing kontak erat kasus konfirmasi pada tanggal 8 Juli 2020 didapatkan kurang lebih 23 orang,” jelasnya.

Saat ini untuk dua pasien anak-anak melakukan isolasi mandiri di rumah dengan pengawasan petugas kesehatan. Mereka masuk sebagai kategori Orang Tanpa Gejala (OTG). Sementara ibunya, wanita 45 tahun menjalani perawatan di RS rujukan Covid-19.

Kata dia, meski dilakukan lockdown namun kasus Covid-19 di Kelurahan Rembang ini belum bisa disebut sebagai klaster. Karena kontak sumber penularan dari tenaga kesehatan yang kerja di rumah sakit.

| Baca Juga:  Tujuh Tempat Karaoke di Kota Blitar Dinyatakan Belum Penuhi Izin

“Sementara tenaga kesehatan yang kerja di rumah sakit itu punya resiko tertular dari berbagai sumber. Karena pasien kan berasal dari mana-mana,” paparnya.

Sebelumnya pasangan suami istri asal Kelurahan Rembang juga terkonfirmasi positif. Namun keduanya telah dinyatakan sembuh dan melanjutkan isolasi mandiri di rumah.

Secara komulatif, jumlah kasus positif Covid-19 di Kota Blitar menjadi 13 orang. Perinciannya, 6 sembuh, 6 dirawat dan 1 meninggal dunia.(*)

Reporter : Ana Alana
Editor : Linda Kusuma