Beranda Peristiwa Bangun Plengsengan, Warga Kediri Temukan Gapura Kuno di Aliran Sungai Lahar

Bangun Plengsengan, Warga Kediri Temukan Gapura Kuno di Aliran Sungai Lahar

BERBAGI
Bangun Plengsengan, Warga Kediri temukan Gapuro Kuno di Aliran Sungai Lahar
bangunan gapura yang muncul dari galian pasir di pinggiran sungai aliran sungai lahar. (foto : tim liputan )

AGTVnews.com – Sebuah bangunan kuno berupa gapura ditemukan warga di aliran sungai lahar di Dusun Lestari Desa Wonorejo Kecamatan Puncu kabupaten Kediri. Bangunan ini diperkirakan bangunan kuno dari abad ke 12. Temuan ini masuk ke dalam kategori Objek Diduga Cagar Budaya (ODCB).

Menurut Kepala Dinas Pariwisata dan Budaya (Disparbud) Kabupaten Kediri melalui Kabid Sejarah dan Purbakala Disparbud, Yuli Murwantoko, temuan ini diduga terkait dengan penemuan bangunan kuno lain yang banyak ditemukan di wilayah tersebut.

“Bangunan gapura ini memiliki tinggi 150 cm dan diameternya 140 cm. Kita masih belum mengetahui, apakah ini gapura untuk masuk perkampungan atau tempat persembahyangan. Kita masih lakukan penelitian,”jelasnya, Senin (6/7/2020).

| Baca Juga:  Jutaan Pil Dobel L Dimusnahkan Kejari Kediri

Temuan ini masih terus diteliti oleh petugas dari Balai Pelestari Cagar Budaya (BPCB) Propinsi Jawa Timur. Bangunan kuno ini ditemukan warga saat melakukan penggalian pasir sungai. Lokasi gapura terletak tepat di tebing sungai aliran lahar gunung Kelud.

“Gapura tidak terlihat karena kondisi air yang cukup tinggi, deras dan dalam. Obyek akan terlihat jelas saat musim kemarau seperti sekarang saat kondisi sungai mengering,” ungkapnya.

Gapura ini kemungkinan memiliki kaitan dengan beberapa temuan situs dan candi di wilayah Puncu. Situs yang ada diantaranya Candi Dhorok, Candi Siman Kepung dan penemuan benda bersejarah lainnya. (*)

Reporter : Tim Liputan
Editor : Linda Kusuma