Beranda Kesehatan Bertambah, Total ASN Positif Corona di Kabupaten Blitar Jadi 9 Orang

Bertambah, Total ASN Positif Corona di Kabupaten Blitar Jadi 9 Orang

BERBAGI
Bertambah, Total ASN Positif Corona di Kabupaten Blitar Jadi 9 Orang
jumlah ODP,PDP dan konfirmasi positif di Kabupaten Blitar. (foto : ana alana)

AGTVnews.com – Sebanyak 9 orang ASN di lingkup Pemkab Blitar dinyatakan positif terinfeksi virus Corona (Covid-19). Rinciannya 4 ASN sembuh, satu orang meninggal dunia dan 4 masih menjalani perawatan.

Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Blitar Krisna Yekti mengatakan, data terbaru ada penambahan 3 ASN positif Covid-19 diumumkan Senin (29/6/2020) lalu.

Satu orang ASN di antaranya adalah warga Kota Blitar, yang penanganannya diserahkan kepada Tim Gugus Tugas COVID-19 Kota Blitar.

Tiga ASN ini diantaranya dari Sekretariat DPRD Kabupaten Blitar, seorang wanita berusia 41 tahun. Kemudian tenaga kesehatan di Puskesmas Selopuro, pria berusia 47 tahun dan ketiga, pegawai di Kecamatan Srengat, pria 57 tahun.

| Baca Juga:  Nekat Studi Banding ke Bandung, ASN Dispadbur Kota Blitar Jalani Pemeriksaan

Tiga ASN yang dinyatakan positif Covid-19 ini diketahui positif setelah sebelumnya dilakukan rapid test massal. Rapid test dilakukan kepada 1.613 ASN dengan hasil 89 dinyatakan reaktif. Mereka yang reaktif kemudian melakukan swab test dan hasilnya 3 orang dinyatakan positif.

“Jadi per tanggal 29 Juni lalu ada penambahan 3 ASN di lingkup Pemkab Blitar yang terkonfirmasi positif Covid-19. Namun satu diantaranya warga Kota Blitar,” ujar Krisna, Jumat (3/7/2020).

Dengan kondisi tersebut, lanjut Krisna, pihaknya sudah melakukan beberapa langkah. Bagi yang hasilnya reaktif harus menjalani isolasi mandiri selama 14 hari. Kemudian untuk instansi tempat ASN yang positif berdasarkan hasil swab tinggal menyesuaikan kekurangan masa isolasinya.

| Baca Juga:  Waspada, Kabupaten Blitar Ketambahan 3 Positif Covid-19 Kategori OTG

“Misalkan hasil swab ASN yang sudah isolasi mandiri keluar dinyatakan positif dihari ke-10 isolasi, maka isntansi tempatnya bekerja tutup selama 4 hari. Sebaliknya jika yang menjalani isolasi 14 hari tidak dinyatakan positif, maka instansi tidak perlu ditutup,” jelasnya.

Krisna menuturkan pihaknya masih menelusuri dari mana para ASN ini terinfeksi Covid-19. “Kami masih terus melakukan penelusuran,” imbuhnya.

Hingga Jumat 3 Juli 2020 Kabupaten Blitar mencatat kasus positif Covid-19 menjadi 31 kasus. Perinciannya, 17 orang sembuh, sembilan orang dirawat dan lima orang meninggal dunia. (*)

Reporter : Ana Alana
Editor : Linda Kusuma