Beranda Kesehatan GTPP Kota Blitar Test Swab 8 KK di Kelurahan Rembang

GTPP Kota Blitar Test Swab 8 KK di Kelurahan Rembang

BERBAGI
GTPP Kota Blitar Test Swab 8 KK di Kelurahan Rembang
salah satu jalan di Kelurahan Rembang di tutup untuk menghindari penularan corona. (foto : ana alana)

AGTVnews.com – Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Blitar melakukan test swab terhadap 8 Kepala Keluarga (KK) di kelurahan Rembang Kota Blitar. Ada 27 orang yang di swab test. Swab dilakukan pasca adanya 4 warga yang tinggal di Jalan Waru kelurahan setempat terkonfirmasi positif Covid-19.

Selain melakukan test swab, satu jalan di kelurahan tersebut juga di lockdown atau di karantina untuk menghindari penularan semakin meluas.

Jubir Gugus Tugas Covid-19 Kota Blitar, M Muchlis , mengatakan, penularan di wilayah tersebut berawal dari seorang tenaga kesehatan (nakes) yang bekerja di RS Kabupaten Blitar, dinyatakan positif Corona.

“Kemungkinan nakes ini carrier (pembawa), lalu menulari bapaknya (68 tahun). Kemudian pada 30 Juni bapaknya meninggal dengan status PDP. Sebelum meninggal sempat kami lakukan test swab. Hasilnya positif keluar pada 5 Juli berbarengan dengan hasil test swab nakes,” ujar M Muchlis, Kamis (9/7/2020).

| Baca Juga:  Rencana Buka Kembali Karaoke Maxi Brillian Ditolak Masyarakat

Sementara, lanjut Muchlis berdasarkan hasil test swab terhadap 27 orang tersebut didapatkan hasil dua tambahan pasien positif. Mereka diantaranya dua anak perempuan berusia 9 tahun. Satu adalah anak dari nakes, satu lagi teman bermainnya di lingkungan setempat.

“Keduanya masuk dalam kategori Orang Tanpa Gejala (OTG). Jadi keduanya melakukan isolasi mandiri di rumah dengan pengawasan dari tim medis,” imbuhnya.

Sementara Sekretaris gugus tugas, Hakim Sisworo menyatakan selama di karantina, kebutuhan sehari-hari warga yang tinggal di wilayah tersebut akan dipenuhi oleh Pemkot Blitar.

| Baca Juga:  KPU dan Bawaslu Jatim Pantau Langsung Coblos Ulang TPS 8

“Untuk kebutuhan makanan, 8 KK yang melakukan isolasi mandiri  akan dicukupi oleh Pemkot Blitar. Dalam sehari kami kirimkan tiga kali,” ujar Hakim.

Sebelumnya pasangan suami istri asal Kelurahan Rembang juga terkonfirmasi positif. Namun keduanya telah dinyatakan sembuh dan melanjutkan isolasi mandiri di rumah.

Secara komulatif, jumlah kasus positif Covid-19 di Kota Blitar menjadi 13 orang. Perinciannya, 6 sembuh, 6 dirawat dan 1 meninggal dunia. (*)

Reporter : Ana Alana
Editor : Linda Kusuma