Beranda Peristiwa Gudang Kerajinan Tempurung Kelapa di Kota Blitar Ludes Terbakar

Gudang Kerajinan Tempurung Kelapa di Kota Blitar Ludes Terbakar

BERBAGI
Gudang Kerajinan Tempurung Kelapa di Kota Blitar Ludes Terbakar
petugas melakukan upaya pemadaman dan pembasahan agar tidak muncul titik api baru. (foto :ana alana)

AGTVnews.com – Sebuah gudang penyimpanan bahan kerajinan tempurung kelapa atau batok di Kelurahan Tanjungsari, Kota Blitar ludes terbakar, Senin (6/7/2020). Kebakaran terjadi di gudang milik Anas Faizol (46 tahun) warga setempat.

Menurut Anas, saat kejadian dia tidak berada di rumah karena sedang bekerja. Diduga kebakaran berasal dari konsleting listrik di area gudang yang menyulut api, hingga membakar bahan produksi berupa tempurung kelapa.

“Saya gak tahu kronologis awalnya karena sedang bekerja di luar rumah. Yang di rumah anak-anak saya. Karena ada asap kemudian para tetangga meminta anak-anak keluar dan menghubungi saya dan petugas,”ujar Anas.

| Baca Juga:  Sebuah Gudang Akar Jati di Nganjuk Terbakar

Beruntung saat kejadian sedang tidak ada kegiatan produksi karena permintaan turun saat pandemi.

“Kejadian cepat banget dan api memang berasal dari gudang. Dugaannya kebakaran berawal dari konsleting, kemudian menyambar barang-barang yang mudah tetbakar seperti batok, kayu kertas dan bahan-bahan lainnya. Kerugian mungkin sekitar Rp 200 juta,” imbuhnya.

Sementara itu Plt Satpol PP Kota Blitar Hadi Maskun mengatakan, ada 5 mobil pemadam kebakaran yang dikerahkan. Api berhasil dipadamkan selang satu jam kemudian. Untuk memastikan api benar-benar padam, petugas terus melakukan pembasahan.

| Baca Juga:  Ditinggal Belanja, Rumah Nenek Ini Habis Terbakar

“5 mobilpemadam ini untuk mengantisipasi jika api merembet ke bangunan lain. Karena lokasi kebakaran di kawasan pemukiman padat penduduk,” jelasnya.

Kasatreskrim Polres Blitar Kota, AKP Ardi Purboyo mengatakan, polisi langsung melakukan olah tempat kejadian perkara untuk mengetahui penyebab pasti dari kebakaran. Polisi juga memasang garis polisi di sekitar lokasi kebakaran untuk memudahkan penyelidikan.

“Korban jiwa nihil, untuk penyebab kebakaran kami masih melakukan penyelidikan,” terang AKP Ardi. (*)

Reporter : Ana Alana 
Editor : Linda Kusuma