Beranda Advetorial Jaga Imun Tubuh Saat Covid-19 dan Cegah Stunting Forikan Jatim Kampanye Gemar...

Jaga Imun Tubuh Saat Covid-19 dan Cegah Stunting Forikan Jatim Kampanye Gemar Makan Ikan di Blitar

BERBAGI
Jaga Imun Tubuh saat Covid-19 dan Cegah Stunting Forikan Jatim Kampanye Gemar Makan Ikan di Blitar
Ketua Forikan Jawa Timur dan Ketua Forikan Kabupaten Blitar. (foto : ana alana)

AGTVnews.com – Forum peningkatan konsumsi ikan (Forikan), gencar kampanyekan Gemar Makan Ikan (Gemarikan) di Jawa Timur. Di Pendopo Ronggo Hadi Negoro Kabupaten Blitar kampanye gemar makan ikan dihadiri langsung Ketua Forikan Provinsi Jatim Arumi Bachsin Emil Dardak, Selasa (14/7/2020).

Kampanye gemar makan ikan ini bertujuan untuk mencegah kondisi gagal pertumbuhan pada anak (stunting) dan menjaga daya tahan tubuh (imun) di saat pandemi Covid-19.

Pada kesempatan itu, Ketua Forikan Jatim Arumi Bachsin Emil Dardak menyalurkan langsung bantuan paket gemar makan ikan dari Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Jatim. Paket Gemarikan yang dibagikan sebanyak 150 paket untuk balita stunting dan warga kurang mampu.

“Forikan merupakan salah satu lembaga yang serius mencegah stunting. Di masa pandemi Covid-19 ini selain pencegahan stunting, sangat penting pula menjaga imun tubuh,” ujar Arumi.

| Baca Juga:  Masuk Zona Merah Covid-19, Kabupaten Blitar Tiadakan Sholat Jumat Selama Dua Pekan

“Untuk mencegah stunting serta menjaga imun itu dibutuhkan asupan makanan bergizi, yang salah satunya adalah protein. Nah, untuk memenuhi protein ini dipilih sumber protein dari ikan. Ikan memiliki kandungan protein yang tinggi, dan penyerapannya di dalam tubuh sangat mudah,” imbuh Arumi.

Ikan Sumber Protein Merakyat

Arumi menjelaskan selain kandungan protein yang tinggi, ikan juga sumber protein yang paling merakyat.

“Harganya ada yang mahal, namun yang murah juga sangat banyak. Jadi dengan protein dari ikan tidak ada alasan anak2 tidak dapat asupan protein,” imbuhnya

Sementara Ketua Forikan Kabupaten Blitar, Ninik Rijanto mengucapkan rasa terimakasihnya kepada Forikan Jatim, dalam upaya kampanye gemar makan ikan di Kabupaten Blitar. Dia berharap kegiatan positif ini berlanjut hingga tahun-tahun berikutnya.

| Baca Juga:  Pemkab Blitar Masifkan Operasi Yustisi di Seluruh Kecamatan

“Kegiatan kali ini agak berbeda karena pandemi. Biasanya dilaksanakan secara meriah. Namun meski kondisi seperti ini, kami berharap kita semua tetap semangat mengkampanyekan gemar makan ikan,” terangnya.

Pada kesempatan itu, Ninin Rijanto juga mengajak warga Kabupaten Blitar untuk memasak ikan setiap hari. Utamanya keluarga yang memiliki anak-anak di usia pertumbuhan. “Jangan lupa masak ikan setiap hari agar anak-anak kita tumbuh kuat sehat dan cerdas,” ujarnya.

Untuk diketahui acara ini juga dihadiri Bupati Blitar Rijanto, Sekda Kabupaten Blitar Totok Subihandono dan Camat se-Kabupaten Blitar. (*)

Reporter: Ana Alana
Editor : Yusuf Saputro