Beranda Kesehatan Kasus Corona Meningkat, Bupati Blitar: Pemerintah Tidak Mampu Kalau Masyarakat Tidak Sadar

Kasus Corona Meningkat, Bupati Blitar: Pemerintah Tidak Mampu Kalau Masyarakat Tidak Sadar

BERBAGI
Kasus Corona Meningkat, Bupati Blitar: Pemerintah Tidak Mampu Kalau Masyarakat Tidak Sadar
Bupati Blitar, Rijanto meminta warga untuk disiplin protokol kesehatan. (foto : ana alana)

AGTVnews.com – Kasus positif virus Corona di Kabupaten Blitar terus mengalami peningkatan. Berdasarkan data Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Blitar, hingga Rabu 8 Juli 2020 ada 39 kasus positif Covid-19.

Perinciannya 20 sembuh, 13 dirawat dan 6 meninggal dunia. Dari data tersebut 29 diantaranya merupakan tambahan kasus selama sebulan terakhir.

Bupati Blitar Rijanto mengakui lonjakan kasus Covid-19 di Kabupaten Blitar ini. Bahkan, setelah masuk sebagai zona kuning dengan resiko penularan rendah Kabupaten Blitar kini kembali menjadi zona orange dengan resiko penularan sedang.

| Baca Juga:  Sembuh Corona, Pasien di Blitar Dapat Kejutan Saat Kembali ke Rumah

“Iya, kasus positif Covid-19 di Kabupaten Blitar trend nya naik terus,” ujar Rijanto, Rabu (8/7/2020).

Dengan kondisi ini masyarakat diminta untuk meningkatkan kesadaran disiplin protokol kesehatan. Kesadaran ini untuk menangani persoalan laju penyebaran Covid-19. Karena, meski dilakukan isolasi atau penutupan wilayah jika masyarakat tidak bisa mematuhi aturan tersebut, virus corona tetap akan menyebar kemana-mana.

“Saya berkali-kali di setiap kesempatan menyampaikan agar masyarakat meningkatkan disiplin protokol kesehatan. Karena itu kuncinya. Pemerintah tidak akan mampu kalau masyarakat tidak sadar,” tegasnya.

| Baca Juga:  Bertambah 1, Pasien Positif Covid-19 Kabupaten Kediri Dirawat di RSUD Gambiran

Dia menuturkan, pihaknya telah melakukan rapat internal dengan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 untuk mengevaluasi penanganan Covid-19 di Kabupaten Blitar. Utamanya langkah-langkah pencegahan agar kasus Covid-19 tidak mengalami kenaikan.

“Kami lakukan rapat evaluasi utamanya terkait dengan pencegahan. Nanti hasilnya akan segera kami sampaikan,” pungkasnya.(*)

Reporter : Ana Alana
Editor : Linda Kusuma