Beranda Peristiwa Klaster Klub Motor Gede Muncul di Blitar, Tularkan Corona ke 9 Orang

Klaster Klub Motor Gede Muncul di Blitar, Tularkan Corona ke 9 Orang

BERBAGI
Krisna Yekti, Juru bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Blitar. (foto: ana alana)

AGTVnews.com – Sedikitnya 9 orang warga Kabupaten Blitar terpapar virus corona dari klaster klub motor gede (Moge). Klaster baru ini berkaitan dengan klaster gowes yang beranggotakan tenaga medis.

Juru bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Blitar Krisna Yekti menyebut, terpaparnya 9 orang dari klaster klub moge bersumber dari tenaga kesehatan (Nakes) RSUD Ngudi Waluyo Wlingi.

Dalam klub gowes tersebut ada satu anggota yang juga ikut klub moge. Dia adalah seorang pria berusia 51 tahun warga Kecamatan Garum yang juga seorang nakes di sebuah rumah sakit swasta.

| Baca Juga:  Tenaga Kesehatan RSUD Ngudi Waluyo Blitar Ada yang Sembuh dari Covid-19

“Jadi ada satu pasien positif dari klub gowes yang juga ikut klub moge. Ceritanya, pagi ikut gowes, sorenya touring moge, di hari yang sama,” ujar Krisna, Kamis (30/7/2020).

Dalam melaksanakan touring yang bersangkutan mengaku jika klub moge yang diikutinya telah menerapkan protokol kesehatan dengan tidak melepas masker. Namun, saat mereka tiba di Puncak Langit Kecamatan Doko, rombongan ikut bernyanyi bersama grup musik lokal yang sedang latihan. Saat itulah sebagian pasien ini melepas masker untuk ikut bernyanyi.

| Baca Juga:  Sudah Pakai APD Lengkap, 2 Tenaga Medis di Puskesmas Wlingi Masih Terpapar Corona

Usai kegiatan tersebut, pasien mengalami gejala mengarah ke Covid-19. Kemudian ia melakukan test swab dan hasilnya dinyatakan positif Covid-19.

Usai yang bersangkutan dinyatakan positif, Dinkes Kabuputen Blitar melakukan tracing. Hasilnya menemukan 49 orang yang kontak erat termasuk kelompok kesenian musik yang ada di lokasi wisata Puncak Langit.

“Semua kontak erat langsung di swab test. Hasilnya ada 9 orang yang terkonfirmasi positif,” pungkas Krisna.(*)

Reporter: Ana Alana
Editor : Yusuf Saputro