Beranda Wisata Hiburan Ngadem di Air Terjun Tretes Jombang, Tertinggi di Jawa Timur

Ngadem di Air Terjun Tretes Jombang, Tertinggi di Jawa Timur

BERBAGI
Ngadem di Air Terjun Tretes Jombang, Tertinggi di Jawa Timur
keindahan air terjun Tretes, cukup membuat hati merasa tenang dan damai.(foto : aan hidayat)

AGTVnews.com – Kabupaten Jombang menyimpan pesona alam yang sangat indah. Beberapa wilayah berupa pegunungan menyajikan panorama cantik yang mempesona. Meski jalan yang harus dilalui cukup memacu adrenalin, namun pemandangan yang tersaji membuat kita lupa kesulitan yang telah dilewati.

Salah satu wisata alam yang cukup indah, yakni air terjun Tretes. Air terjun di Dusun Pangajaran Desa Galengdowo Kecamatan Wonosalam ini, konon katanya merupakan air terjun tertinggi di Jawa Timur.

Destinasi wisata ini masuk dalam kawasan Hutan Raya Raden Soerjo (Tahura R. Soerjo). Air terjun ini terletak di Gunung Juruk Guah kawasan kompleks Gunung Anjasmoro ini memiliki ketinggian 2.277 meter dari permukaan laut.

Ketinggian air terjun Tretes yang mencapai sekitar 158 meter. Selain Air Terjun Tretes, di kawasan Tahura R. Soerjo ini masih terdapat tiga air terjun lainnya, yakni Air Terjun Puthuk Kursi (Coban Cangar) dan Air Terjun Kembar Watu Ondo yang masuk Kabupaten Mojokerto serta air terjun Gumandar di Pasuruan.

| Baca Juga:  Banjir Setinggi 1 Meter Rendam Puluhan Rumah Warga di Jombang

Lokasi Air Terjun

Untuk menuju ke lokasi Air Terjun Tretes, wisatawan harus menempuh jarak sejauh 40 kilometer dari pusat kota Jombang. Sementara untuk masuk komplek obyek air terjun Tretes, wisatawan kembali harus menempuh jarak sepanjang 3,5 kilometer.

Wisatawan harus menempuh jalan setapak, yang hanya bisa dilalui dengan jalan kaki. Tidak ada kendaraan bermotor yang bisa menjangkau tempat ini.

Sepanjang perjalanan, wisatawan harus melintas semak belukar yang jarang dijamah manusia. Benar-benar berada di alam bebas. Tidak ada deru kendaraan yang membuat bising telinga, ataupun asap kanlpot yang membuat sesak nafas. kita benar-benar menghirup udara alam yang masih bersih dan asri.

Suhu udara di tempat ini rata – rata 24° C. Jadi anda bisa bayangkan kesejukan yang menyapa diri saat berada di tempat ini. Kalau anda punya nyali, anda bisa mencoba untuk berenang di sungai dengan dihujani timpahan air terjun, pasti rasanya sangat menyenangkan.

| Baca Juga:  Serius New Normal, Pemerintah Jombang Akan Cabut KTP Warga Yang Tidak Bermasker

Salah satu wisatawan asal Surabaya, Fitriana, mengaku sangat senang bisa datang ke tempat wisata alam air terjun Tretes ini. Selain kondisinya yang sepi, keasrian alamnya juga cukup terjaga. Sehingga sangat pas untuk melepas penat.

“Tempatnya sangat indah, udaranya juga sangat sejuk. Kita melihatnya banyak pepohonan jadi memang sangat asri,” ucapnya.

Fitriana berharap pemerintah daerah menambahkan beberapa fasilitas bagi pengunjung, sehingga semakin betah untuk berwisata. “Akses jalannya sangat sulit, jadi hanya sedikit wisatawan yang mau datang,”katanya.

Dengan keindahan yang tersaji, tidak rugi jika tempat ini masuk  dalam daftar tempat wisata yang harus didatangi.(*)

Reporter : Aan Hidayat
Editor : Linda Kusuma