Beranda Hukum Kriminal Pasutri Pembunuh Guru SMP di Jombang Divonis 16 Tahun Penjara

Pasutri Pembunuh Guru SMP di Jombang Divonis 16 Tahun Penjara

BERBAGI
Terdakwa pasangan suami istri Wahyu Puji winarno dan istrinya Sari Wahyuningsih menjalani sidang online di Pengadilan Negeri Jombang. (foto: aan hidayat)

AGTVnews.com – Pasangan suami istri Wahyu Puji winarno dan istrinya Sari Wahyuningsih divonis bersalah oleh Pengadilan Negeri Jombang, Jumat (17/7/2020).

Pasutri tersebut secara sah dan meyakinkan terbukti melakukan tindak pidana pembunuhan terhadap Eli Maridah, seorang guru SMP di Kecamatan Perak Jombang.

Dalam putusan hakim, Wahyu Puji Winarno dijatuhi hukuman 16 tahun penjara, sementara istrinya, Sari Wahyuningsi dijatuhi hukuman 8 tahun penjara.

Vonis ini lebih ringan dari tuntutan Jaksa Penuntut Umum yang sebelumnya menuntut kedua terdakwa dengan ancaman 20 tahun dan 12 tahun penjara.

| Baca Juga:  Belasan Warga di Jombang Kena Sanksi Bersihkan Makam

Hakim memberikan putusan lebih ringan dari tuntutan, karena keduanya dianggap koperatif dalam persidangan dan karena salah satu pelaku perempuan sedang hamil 7 bulan.

Dalam persidangan yang digelar dengan metode daring ini, membeberkan pelaku dinyatakan bersalah dengan menghaibisi nyawa korbanya. Mereka nekad membunuh karena kepergok saat akan mencuri.

Saat itu pelaku berpura-pura mencari tempat kos. Karena sepi lantas mengambil ponsel dan dompet milik tuan rumah. Karena kepergok, keduanya nekad memukul korban dengan batako hingga korban tewas akibat kehabisan darah.

| Baca Juga:  Pencuri Habisi Nyawa Ibu Muda di Tulungagung dengan Sadis

Seperti diketahui, Eli Maridah menjadi korban pembunuhan pada 21 Desember 2019 lalu. Korban ditemukan tewas di ruang tengah miliknya, dengan luka parah di bagian kepala.

Polisi mengendus bahwa korban merupakan korban pembunuhan, karena dompet dan ponsel milik korban raib usai kejadian.

Polisi berhasil menangkap Wahyu Puji winarno dan istrinya Sari Wahyuningsih pada 24 Januari 2020. Keduanya di jerat dengan pasal 339 KUHP subsider pasal 338 serta pasal 365.(*)

Reporter: Aan Hidayat
Editor : Yusuf Saputro