Beranda Kesehatan Pulang dari Surabaya Warga Gandusari Blitar Tularkan Corona

Pulang dari Surabaya Warga Gandusari Blitar Tularkan Corona

BERBAGI

AGTVnews.com – Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) Covid-19 Kabupaten Blitar mengungkap adanya klaster baru penularan virus Corona. Penularan bersumber dari seorang wanita berusia 65 tahun asal Kecamatan Gandusari Kabupaten Blitar. Wanita ini baru saja pulang dari Surabaya.

Juru bicara GTPP Covid-19 Kabupaten Blitar, Krisna Yekti mengatakan, Wanita tersebut telah dinyatakan meninggal dunia pada 24 Juni lalu.

Sementara virus Corona ditubuhnya menulari 4 orang yang pernah kontak erat. Mereka yang tertular diantaranya ketiga anaknya dan seorang dokter yang merawatnya di sebuah klinik di Kecamatan Wlingi.

“Dari klaster Surabaya ini totalnya ada lima orang. Rinciannya satu yang sudah meninggal itu, terkonfirmasi positif pada 25 Juni. Kemudian menulari dokter yang terkonfirmasi positif pada 29 Juni dan sekarang menulari ketiga anaknya yang data positifnya terkonfirmasi 4 Juli kemarin. Ketiga orang ini masuk kategori Orang Tanpa Gejala (OTG). Saat ini menjalani perawatan di salah satu RS,” jelasnya, Minggu (5/7/2020).

| Baca Juga:  Bukan Hoaks! Belasan Artis Ibu Kota Bakal Serbu Blitar

Krisna menjelaskan, penularan berawal saat pasien pertama yang sebelumnya berdomisili di Surabaya pulang ke Gandusari Blitar karena sakit. Dia dibawa pulang untuk dirawat anak-anaknya.

Kemudian pasien dirawat di salah satu klinik di Babadan, Wlingi. Karena tak kunjung membaik dan mengalami penurunan kesadaran, pasien kemudian di rujuk ke RSUD Ngudi Waluyo Wlingi.

“Keluhannya demam, sesak nafas dan kesadaran menurun. Saat dirawat di RSUD Ngudi Waluyo pasien menjalani swab test. Selanjutnya pasien meninggal pada 24 Juni malam. Pada 25 Juni hasil swab test baru keluar menunjukkan positif Covid – 19,” jelasnya.

| Baca Juga:  GTPP Kota Blitar Test Swab 8 KK di Kelurahan Rembang

Saat dirawat di sebuah klinik di Babadan, Wlingi, ternyata dokter yang merawatnya sempat kontak erat. Kemudian dokter berusia 51 tahun itu mengalami gejala demam dan melakukan swab di Malang. Hasilnya dokter tersebut dinyatakan positif pada 29 Juni lalu.

“Yang dokter swab mandiri di Malang. Saat ini dirawat di salah satu RS di Malang,” imbuhnya.

Saat ini total pasien positif Covid-19 di Kabupaten Blitar berjumlah 36 orang. Dengan rinciannya 20 sembuh, 10 dirawat dan 6 meninggal dunia. (*)

Reporter : Ana Alana
Editor : Linda Kusuma