Beranda Pemerintahan Rangkaian Hari Jadi Kota Kediri Ke-1141 Digelar Secara Virtual

Rangkaian Hari Jadi Kota Kediri Ke-1141 Digelar Secara Virtual

BERBAGI

AGTVnews.com – Peringatan Hari Jadi Kota Kediri ke-1141 dipastikan digelar sederhana karena banyak acara-acara besar yang dihapus. Acara yang dimulai dengan semaan AlQuran hingga pagelaran ritual Manusuk Sima dilakukan secara virtual.

Rangkain acara juga mencakup pegelaran musik virtual dan pameran UMKM virtual. Dalam rangkaian yang sama, Pemkot Kediri juga akan melaunching program IKM Go Digital.

“Kami berharap meskipun digelar secara sederhana, tidak mengurangi makna perayaan hari jadi tahun ini. Memang biasanya hari jadi digelar untuk hiburan masyarakat. Tapi ditengah situasi pandemi covid-19 ini tidak memungkinkan mengumpulkan orang banyak,” jelas Walikota Kediri, Abdullah Abu Bakar, Kamis (23/7/2020).

| Baca Juga:  Harga Telur Terus Naik, TPID Kota Kediri Sidak Pasar

Dijelaskan Mas Abu, Kota Kediri memiliki demografi kaum milenial 60 persen. Mereka lahir di tahun 1981 ke atas. “Dengan perayaan digelar secara virtual, mereka masih bisa terlibat. Minimal bisa nonton melalui channel YouTube Harmoni TV,” tambah Mas Abu, sapaan akrab walikota.

Sedangkan puncak acara Manusuk Sima, ritual yang setiap tahun digelar di Situs Kuwak Taman Tirtayasa Kota Kediri, tetap akan digelar pada Senin, 27 Juli 2020.

Kepala Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda dan Olahraga (Disbudparpora) Kota Kediri, Nur Muhyar menyatakan, ritual sakral ini digelar dengan protokol kesehatan. Peserta tak lebih dari 40 orang dan digelar tanpa penonton. Masyarakat bisa menyaksikan siaran langsung via YouTube.

| Baca Juga:  Makam Eyang Putri Semampir Akan Dipindah

“Bagaimanapun nilai-nilai yang terkandung dalam ritual Manusuk Sima ini menjadi pengingat atau tetenger. Bahwa ada masa ketika Kediri ditetapkan menjadi sebuah wilayah, yang berdiri dan tetap bertahan hingga sekarang. Bahkan dari nama Kediri pun tetap kita pakai hingga saat ini,” Jelas Nur Muhyar.(*)

Editor: Yusuf Saputro