Beranda Pemerintahan Bagikan Masker, Walikota Berharap PKK Mampu Gugah Kesadaran Masyarakat di Kota Kediri

Bagikan Masker, Walikota Berharap PKK Mampu Gugah Kesadaran Masyarakat di Kota Kediri

BERBAGI
Bagikan Masker, Walikota Berharap PKK Mampu Gugah Kesadaran Masyarakat di Kota Kediri
seluruh aspek bekerjasama untuk saling mengingatkan agar masyarakat tetap patuh memakai masker. (foto: istimewa)

AGTVnews.com – Program Jatim Bermasker terus dilaksanakan di Kota Kediri. Pemerintah daerah bekerjasama dengan Forkopimda terus mengedukasi masyarakat agar tertib memakai masker.

Walikota Kediri, Abdullah Abu Bakar bersama Kapolres Kediri Kota AKBP Miko Indrayana dan Ketua TP PKK Kota Kediri Ferry Silviana Abu Bakar memberikan masker secara simbolis kepada perwakilan PKK, Persit Kartika Candra Kirana, Bhayangkari dan Muslimat Kota Kediri.

Kegiatan ini digelar di halaman kantor Kelurahan Betet, Senin (10/8/2020). Sebanyak 2000 an masker akan dibagikan kepada warga di Kelurahan Betet.

Walikota Kediri mengatakan, dalam mengedukasi masyarakat untuk disiplin menggunakan masker perlu melibatkan peran serta organisasi wanita.

“Ada PKK, Persit, Muslimat dan Bhayangkari. Kita kerjasama untuk mengedukasi masyarakat agar menggunakan masker. Ini kita jugabagikan masker, sehingga kita bisa mengurangi resiko penularan dari covid-19,” ujarnya.

Menurut walikota, wanita memiliki peran yang besar sekali. Seperti PKK, biasanya terjun hingga ke tingkat dasa wisma.

“Kalau ada yang tidak pakai masker, diingatkan terus untuk dipakai. Karena saling mengingatkan ini penting. Jadi kalau ini kita lakukan secara masif kepada seluruh elemen dampaknya akan luar biasa. Kita akan bisa menekan menyebaran hingga sangat minim sekali,” ungkapnya.

| Baca Juga:  Hasil Baretlitbang, IKM Kota Kediri Masuk Kategori Baik

Mas Abu, sapaan akrab walikota, meminta agar masyarakat selalu mematuhi protokol kesehatan. Mulai dari menggunakan masker, rajin mencuci tangan dan juga menjaga jarak.

Pemerintah juga akan terus berupaya untuk menekan penyebaran covid-19. Namun keberhasilan tersebut bisa diraih dengan kolaborasi seluruh elemen yang ada di Kota Kediri.

“Nanti yang sakit akan kita obati, akan terus kita tingkatkan imunitasnya. Untuk yang terdampak pandemi ini kita bantu melalui kartu SAHABAT. Yang tidak dapat, sudah dicover oleh pemerintah pusat. Jangan bergerombol dan yang paling penting di tempat-tempat umum harus disediakan tempat cuci tangan dan sabun,” tegasnya.

TP PKK Kota Kediri Siap Jalankan Amanah Ingatkan Masyarakat Terus Bermasker

Sementara itu, Ketua TP PKK Kota Kediri Ferry Silviana Abu Bakar mengungkapkan PKK siap untuk bekerjasama menyukseskan program jatim Bermasker.

“Kami dari PKK diberi amanah untuk mensukseskan bermasker ini. Tentu ini juga menggandeng ibu-ibu Bhayangkari, ibu-ibu Persit dan ibu-ibu Muslimat. Karena tanpa panjenengan, semua program ini tidak akan berjalan dengan baik. Kita sama-sama tahu, kita bergerak di tingkat paling bawah. Jaringan kita ini kuat dan luas makanya kita dipilih,” ungkapnya.

| Baca Juga:  Antisipasi Penyebaran Covid-19 di Akhir Tahun, Wali Kota Kediri Lakukan Koordinasi Strategi Bersama Unsur Forkopimda

Ditambahkan wanita yang akrab disapa Bunda Fey ini, kesadaran dalam menggunakan masker ini akan terus digugah melalui edukasi ke masyarakat dengan pembagian masker ini.

“Memang masih ada saudara-saudara kita yang meremehkan. Tapi masker kita ini bisa melindungi orang lain. Masker yang kita pakai ini bisa menyelamatkan nyawa orang lain. Itu harus kita pahami dan kita tanamkan di pikiran kita,” jelasnya.

“Pak Kapolresnya luar biasa, Pak Walikotanya bekerja mati-matian, Pak Dandimnya juga. Tapi bila kita tidak memiliki kesadaran ini semua tidak bisa kita lalui,” imbuhnya.

Kapolresta Kediri AKBP Miko Indrayana mengatakan berbagai upaya untuk menekan angka persebaran covid-19 ini tentu telah dilakukan. Melalui Jatim Bermasker diharap penyebaran covid ini semakin dapat ditekan lagi.

“Saya yakin ibu-ibu inilah yang nanti bisa jadi agen di lapangan. Kalau kita lihat ibu-ibu PKK ini luar biasa. Nantinya ibu-ibu ini bisa menyampaikan ke masyarakat dan keluarga tentang pentingnya menggunakan masker,” ujarnya. (*)

Editor : Linda Kusuma