Beranda Hukum Kriminal Bea Cukai Kediri Musnahkan Barang Hasil Operasi Senilai Ratusan Juta

Bea Cukai Kediri Musnahkan Barang Hasil Operasi Senilai Ratusan Juta

BERBAGI
Bea Cukai Kediri Musnahkan Barang Hasil Operasi Senilai Ratusan Juta
sejumlah barang yang melanggar kepbaeanan dan cukai senilai ratusan juta dimusnahkan kantor bea dan cukai Kediri.(foto : linda kusuma)

AGTvnews.com – Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai (KPPBC) Tipe Madya Kediri, memusnahkan sejumlah barang milik negara (BMN) yang melanggar ketentuan di bidang kepabeanan dan cukai, Selasa (25/8/2020).

Barang-barang yang dimusnahkan ini merupakan hasil penindakan selama periode November 2019 hingga Juni 2020.

Selain itu terdapat juga barang hasil operasi Gempur yang dilakukan selama Juli 2020 hingga 1 Agustus 2020. Total barang yang dimusnahkan ini bernilai ratus juta.

Plh.Kepala KPPBC Tipe Madya Cukai Kediri Farid Fahrudi, mengatakan, pemusnahan ini sebagai komitmen nyata untuk melindungi masyarakat, dengan cara mencegah masuknya barang berbahaya, baik itu secara kesehatan, keamanan, moral maupun lingkungan hidup.

“Pemusnahan ini bukti nyata kami berhasil amankan barang yang melanggar aturan. Ini merupakan kerjasama yang baik antara aparat penegak hukum, pemda, dan masyarakat. Melalui informasi yang diberikan terkait peredaran barang ilegal yang melanggar kepabeanan dan cukai,” jelasnya.

| Baca Juga:  Cara Baru Produksi Rokok Polos Dibongkar Bea Cukai Malang

Barang-barang yang dimusnahkan ini merupakan barang hasil tegakan yang berasal dari kiriman luar negeri. Barang-barang tersebut tidak memenuhi persyaratan import dan tidak dilengkapi dengan surat izin.

Barang yang dimusnahkan dari hasil penindakan diantaranya, alat bantu seks, spare part bekas, obat-obatan, pakaian dan sepatu bekas, dan sejumlah barang lainnya.

Sementara untuk barang yang dimusnahkan karena melanggar cukai seperti sigaret kretek mesin (SKM) tanpa dilekati pita cukai serta penggunaan pita cukai palsu, tembakau iris, serta etiket yang digunakan untuk mengemas barang kena cukai (BKC) ilegal.

Perkiraan nilai barang yang dimusnahkan ini mencapai Rp 206 juta lebih, dengan potensi kerugian negara mencapai Rp 71 juta.

Sementara dari pelaksanaan operasi Gempur, dimusnahkan beberpa barang yakni sigaret kretek tangan (SKT) dan sigaret kretek mesin (SKM) sejumlah 125.176 batang dengan berbagai macam merek. Barang-barang ini mencapai total Rp 127 juta dengan kerugian negara lebih dari Rp 72 juta.

| Baca Juga:  Puluhan Ribu Batang Rokok Ilegal Senilai 70 Juta Dimusnahkan Bea Cukai Blitar

Saat ini Bea cukai Kediri tengah melakukan penyidikan terhadap pembuatan rokok ilegal yang dilakukan di Desa Gabus Banaran, Kecamatan Tembelang Kabupaten Jombang.

Dalam kasus ini diamankan satu tersangka berinisial ZA. Sementara barang bukti yang berhasil diamanka diantaranya, 1.490 bungkus SKM, masing-masing 20 batang yang dilekatkan pita cukai palsu, 3.980 bungkus masing-masing 20 batang tanpa dilekati pita cukai dan satu unit telepon seluler.

Dari kasus tersebut diperkirakan potensi kerugian negara mencapai Rp 64 juta. Tersangka dijerat dengan Pasal 54 jo 56 UU Cukai Nomor 39 tahun 2007.

“Meminimlaisir pelanggaran, kita akan terus lakukan operasi. Patroli pengawasan akan terus ditingkatkan, sehingga tidak ada pelanggaran di bidang kepabeaan dan cukai,” pungkasnya.(*)

Reporter : Linda Kusuma 
Editor: Yusuf Saputro