Beranda Pemerintahan Facebook Marketing, Upaya Pemkot Kediri Siapkan UMKM Go Digital Ditengah Pandemi

Facebook Marketing, Upaya Pemkot Kediri Siapkan UMKM Go Digital Ditengah Pandemi

BERBAGI
Facebook Marketing, Upaya Pemkot Kediri Siapkan UMKM Go Digital
pelaku UMKM Kota Kediri mengikuti kegiatan pelatihan marketing facebook untuk meningkatkan kemampuan mereka di era digital.(foto : linda kusuma)

AGTVnews.com – Pemerintah Kota Kediri terus berupaya untuk meningkatkan kemampuan dan daya saing UMKM Kota Kediri. Satu diantaranya melalui kegiatan pelatihan facebook marketing. Pelatihan ini diadakan oleh Dinas Perdagangan dan Industri (Disperdagin) Kota Kediri, Rabu (26/8/2020).

Sebanyak 25 UMKM kota Kediri mengikuti kegiatan tersebut. Mereka adalah pelaku usaha kerajinan dan juga makanan.

Marketing Facebook dipilih, karena besarnya pengguna media sosial ini. Diharapkan nantinya   pemasaran produk UMKM Kota Kediri semakin luas dan berkembang.

Plt Kepala Disperdagin Kota Kediri, Nur Muhyar mengatakan, pelatihan yang diberikan ini sebagai upaya untuk mendorong UMKM Kota kediri agar segera siap Go Digital.

“Facebook marketing dipilih karena media sosial ini banyak sekali penggunanya. Harapannya, para pengusaha UMKM ini pasarnya akan semakin luas melalui online. Untuk itu mereka perlu dibekali, tips dan trik agar bisa laku di media sosial facebook,” jelasnya.

| Baca Juga:  Pemkot Kediri Gandeng KPK Meriahkan Tokopedia - MallUMKM Kediri Sale 2020

Marketing Digital Merupakan Kebutuhan UMKM

Ditambahkan Nur Muhyar, memasuki masa digital seperti saat ini, para pengusaha UMKM harus mampu bersaing dan bisa mengoptimalkan penggunaan media sosial untuk mendukung usaha mereka.

“Pemasaran digital saat ini sudah menjadi kebutuhan bagi para pengusaha. Pembeli tidak hanya melalui tatap muka, namun juga melalui media sosial. Semakin banyak produk mereka yang terjual, kehidupan perekonomian akan semakin bergerak sehingga bisa memulihkan perekonomian daerah,” ucapnya.

Pelatihan ini menghadirkan seorang konsultan digital marketing dan juga pengusaha di Kota Kediri, Fendy Redinand Artanto.

Menurutnya, para pelaku UMKM ini sangat antusias dengan pelatihan tersebut. Masih banyak dari para pengusaha ini yang belum mengetahui manfaat dari media sosial bagi usaha mereka.

“Mereka sangat excited dengan ilmu yang didapat ini. Kebanyakan dari mereka ini belum mengetahui, jika media sosial facebook maupun instagram bisa digunakan untuk penjualan,” jelasnya.

| Baca Juga:  Walikota Kediri Terima Bantuan 1 Ton Gula dari PTPN X Untuk Si Jamal

Ditambahkan Fendy, ada beberapa hal yang perlu dilakukan oleh pelaku UMKM ini agar produk mereka bisa dengan mudah dikenal melalui media sosial. Pelaku UMKM perlu memperhatikan pengemasan, branding dan juga konten marketing.

“Terkadang pelaku UMKM lupa, jika kemasan dan branding diperlukan untuk marketing secara online. Hal ini akan berbeda saat kita tawarkan melalui offline. Ini yang perlu kita perhatikan,”ucapnya.

Selain pelatihan facebook marketing, Disperdagin Kota Kediri juga mengadakan beberapa pelatihan lain. Pelatihan tersebut diantaranya, pelatihan foto produk, pembuatan katalog produk, instafest, workshop poto produk serta pembuatan video promosi melalui smartphone.

Diharapkan dengan kualitas yang tinggi, UMKM Kota Kediri mampu kembali menggerakan perkonomian ditengah pandemi.(*)

Reporter : Linda Kusuma 
Editor: Yusuf Saputro