Beranda Wisata Hiburan Klepon Wonosari Kediri Nempel di Hati

Klepon Wonosari Kediri Nempel di Hati

BERBAGI
Penjual klepon Wonosari Kediri, bertahan sejak 1970. (foto: linda kusuma)

AGTVnews.com – Klepon adalah panganan tradisional yang tetap eksis hingga kini. Dengan ciri khas bulatan hijau dengan lelehan gula merah di dalamnya, makanan berbahan tepung ketan ini mudah ditemui di pasar.

Saat digigit akan terasa ‘ceplus’ rasa manis dari gula merah ini seakan meledak menyebar ke dalam mulut. Paduan rasa gurih, legit dan manis inilah yang membuat siapapun rindu mengunyah.

Di salah satu desa di Kabupaten Kediri ada seorang penjual klepon yang sangat dikenal yakni klepon Wonosari. Sesuai namanya, penjual klepon ini berada di Desa Wonosari Kecamatan Pagu Kabupaten Kediri.

Rasa klepon yang lembut, berpadu parutan kelapa yang gurih dan suasana sejuk pedesaan menjadi ciri dari klepon legend ini. Dagangan klepon Wonosari ini digelar di sebuah ruangan di rumah kuno, di sebuah gang kecil.

| Baca Juga:  4 Makanan Khas Kediri Ini Wajib Jadi Oleh-oleh

Memasuki gang klepon, di sebuah rumah pojokan bercat putih, terpampang jelas “klepon Miroso”. Bagi kalian yang sudah menemukan tulisan tersebut, masuk saja, disitulah tempatnya klepin legend ini.

Berbalut kesederhanaan, disajikan diatas lepek, manis dan gurih klepon ini seolah memanggil-manggil. Meski klepon menjadi tokoh utama dalam panganan yang dijual, ada juga variasi makanan lain yang disediakan. Pembeli bisa menikmati lupis maupun cenil. Bahkan bisa juga mengkolaborasikan ketiganya.

Penjual klepon, mbah Rirani mengaku banyak pembeli yang datang ke tempatnya. Terlebih saat akhir pekan maupun hari libur. Mbah Rirani mengaku, usaha klepon ini merupakan peninggalan dari neneknya, sudah ada sejak tahun 1970.

| Baca Juga:  Pasar Mangunrejo Kediri, Pasar Jajanan Tradisional

“Resepnya juga tinggalan mbahe, ndak ngrubah apa-apa. Kita cuma tinggal neruskan saja,” kata wanita 62 tahun ini, Sabtu (15/8/2020).

Cukup dengan Rp 4000 saja, satu porsi klepon dan teman-temanya sudah bisa kita nikmati. Porsi yang disajikan cukup sebagai pengganjal perut yang keroncongan.

Bagi kalian yang rindu dengan jajanan tradisional ini, langsung saja datang ke Kediri. Atau mungkin yang tengah melintas di Kediri, carilah di google maps ‘Klepon Wonosari’, pasti ketemu. Jangan lupa ajak teman biar makin seru pas makan.(*)

Advetorial Dinas Kominfo Kabupaten Kediri