Beranda Pemerintahan Bangkitkan Perekonomian Ditengah Pandemi, Pemkot Kediri Gandeng Garuda dan Eksportir Kirim Barang...

Bangkitkan Perekonomian Ditengah Pandemi, Pemkot Kediri Gandeng Garuda dan Eksportir Kirim Barang Produk UMKM

BERBAGI
Tingkatkan Produktivitas, UMKM Kota Kediri Harus Bersatu
Garuda juga malayani penerbangan kargo dan tidak hanya penerbangan komersil. (foto : istimewa)

AGTVnews.com – Pemerintah Kota (Pemkot) Kediri telah menggandeng PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk, untuk mengeksport produk-produk UMKM Kota Kediri. Saat ini sudah ada 2 negara tujuan untuk eksport yakni Australia dan Belanda.

Walikota Kediri, Abdullah Abu Bakar menjelaskan, pihaknya telah menyiapkan diaspora-diaspora di Australia dan Belanda. Mereka siap membantu memasarkan produk UMKM Kota Kediri di negara mereka.

“Diasporanya sudah siap. Yang harus dipastikan adalah kesiapan dari UMKM ini. Jangan sampai pada pesanan pertama ada, untuk pesanan berikutnya kesulitan. Ini yang harus dijaga,” jelasnya, Kamis (27/8/2020).

Walikota menjelaskan, jika program ini adalah komitmen pemerintah Kota Kediri untuk meningkatkan kualitas dari UMKM.

| Baca Juga:  Walikota Kediri Ajak Penyintas Kanker Optimis Bisa Sembuh

“Meski saat ini kondisi perekonomian kita lemah akibat pandemi. Ternyata ada beberapa terobosan yang bisa kita manfaatkan. Tidak hanya memperkuat pasar lokal dan market place saja, namun juga mandiri untuk menembus pasar eksport,” jelasnya.

Sementara itu, General Manager Branch Office Surabaya PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk, Henny Nurcahyani mengatakan, perusahaannya siap mendukung program Kota Kediri yang ingin mengembangkan UMKM. Termasuk memfasilitasi untuk ekspor produk.

“Garuda sebagai operator penerbangan domestik dan internasional mendukung. UMKM bisa berkembang tidak hanya di dalam negeri tapi merambah luar negeri,” kata Henny.

| Baca Juga:  Pelajar Kota Kediri Raih Prestasi Tingkat Internasional

Henny menjelaskan, tidak ada batasan untuk pengiriman. Yang terpenting adalah kualitas produk dan sesuai dengan pesanan.

“Berapapun tidak ada batas minimal dalam pengiriman barang lewat penerbangan dari Garuda. Kita tidak hanya melayani penerbangan komersial saja, namun juga melayani penerbangan cargo. Kita siap dukung untuk UMKM bisa lebih maju,” pungkasnya.

Diharapkan dengan adanya pasar eksport ini, UMKM Kota Kediri bisa maju dan pengiriman ke Australia serta Belanda nantinya bisa berkelanjutan dan dalam jumlah yang lebih besar. (*)

Reporter : Linda Kusuma 
Editor : Yusuf Saputro