Beranda Peristiwa Tukar Masker Baru, Polres Blitar Kota Ajak Masyarakat Peduli Kesehatan

Tukar Masker Baru, Polres Blitar Kota Ajak Masyarakat Peduli Kesehatan

BERBAGI
Tukar Masker Baru, Polres Blitar Kota Ajak Masyarakat Peduli Kesehatan
salah satu petugas kepolisian menukar masker seorang ibu-ibu dan diganti dengan yang baru.(foto: ana alana)

AGTVews.com – Peduli dengan kesehatan masyarakat, Polres Blitar Kota membuat program ‘Tukarkan Maskermu’. Program ini ditujukan kepada masyarakat yang kedapatan memakai masker dekil dan sudah tidak higienis lagi.

Sejumlah masyarakat yang berkumpul di fasilitas umum, pasar tradisional hingga persawahan di pinggiran Kota Blitar mendapat pembagian masker ini.

Kapolres Blitar Kota, AKBP Leonard M Sinambela mengatakan, program ini juga sebagai realisasi instruksi Presiden No 6 tahun 2020 tentang peningkatan disiplin dan penegakan hukum protokol kesehatan dalam pencegahan dan pengendalian Covid-19.

“Masyarakat Kota Blitar sebenarnya sudah banyak yang sadar untuk mengenakan masker. Namun ada kendala dimana mereka ini hanya memiliki sedikit stok masker. Padahal harus beraktivitas di luar rumah setiap hari sehingga maskernya dipakai terus dan tidak diganti. Padahal masker ini harus higienis saat dipakai,” jelas Kapolres.

| Baca Juga:  Polisi Kerahkan 350 Personil Amankan Pilgub

“Nah, untuk menghindari bahaya yang disebabkan karena masker yang kurang higienis. Makanya kami menginisiasi program ‘Tukarkan Maskermu’ ini,” imbuhnya.

Petugas kepolisian akan berkeliling dengan kendaraan bermotor. Kendaraan tersebut dilengkapi dua box khusus. Satu box berisi masker baru, satu lagi tempat limbah masker bekas yang akan diolah sebagai limbah medis.

“Nantinya masker milik warga yang sudah terpakai langsung digunting, dimasukkan box lalu dimusnahkan sebagai limbah medis. Kami telah bekerjasama dengan salah satu rumah sakit swasta di Kota Blitar. Kami berharap dengan cara ini, kesadaran masyarakat untuk terus menggunakan masker dan menjalankan protokol kesehatan semakin tinggi,” pungkasnya.

| Baca Juga:  Pelaku Penculikan dan Pencabulan Anak Dibawah Umur Dipastikan Tidak Gila

Diketahui, masker adalah APD sederhana yang bisa meminimalisir penyebaran virus corona di lingkungan kita. (*)

Reporter : Ana Alana
Editor : Linda Kusuma