Beranda Advetorial Wabup Marhaenis, Apresiasi Layanan Drive Thru Gebrakan Dispendukcapil Blitar

Wabup Marhaenis, Apresiasi Layanan Drive Thru Gebrakan Dispendukcapil Blitar

BERBAGI
Wabup Marhaenis Apresiasi Layanan Drive Thru Gebrakan Dispendukcapil Blitar
Wabup Marhaenis memantau langsung pelayanan kependudukan secara drive thru. (foto : ana alana)

AGTVnews.com – Pemerintah Kabupaten Blitar terus meningkatkan pelayanannya kepada masyarakat. Salah satunya layanan administrasi kependudukan secara drive thru. Selain dekat dan praktis, layanan ini juga untuk mencegah penyebaran virus Corona di Kabupaten Blitar.

Wakil bupati Blitar, Marhaenis urip Widodo, memantau langsung pelaksanaan layanan ini di Desa Jajar, Kecamatan Selopuro, Kabupaten Blitar, Selasa (11/8/2020).

Pelaksanaan layanan drive thru kali ini dipusatkan di SDN 03 Jajar. Masyarakat sangat antusias dengan adanya layanan ini. Masyarakat dapat mengganti e-KTP yang rusak, hilang, salah nama atau ganti status.

Layanan Drive Thru Cegah Adanya Calo

Marhaenis menilai program ini sangat baik dan bisa membantu warga dalam mengurus dokumen kependudukan. Warga yang hendak mengurus e-KTP, cukup di atas sepeda motor dan tidak berjubel. Program ini juga efektif untuk mencegah munculnya calo yang sering meresahkan masyarakat dan pemerintah.

| Baca Juga:  Anggaran Perbaikan Jalan di Kabupaten Blitar Dipangkas Rp 60 M

“Layanan drive thru ini dilaksanakan dengan menggunakan mobil pelayanan adminduk. Adapun untuk yang bisa diurus meliputi ganti KTP rusak, hilang, salah data dan ganti status. Permohonan warga diproses di mobil dan dengan waktu sekitar empat menit sudah jadi. Ini program yang harus bersama-sama kita sukseskan,” ungkap Marhaenis.

Pemkab Blitar berkomitmen meningkatkan program layanan drive thru dengan menambah armada kendaraan. Diketahui saat ini Dispendukcapil memiliki dua unit mobil layanan untuk drive thru.

“Ini merupakan bagian peningkatan pelayanan kepada masyarakat yang dilakukan Pemkab Blitar. Alur birokrasi pengurusan e-KTP kami pangkas agar lebih cepat. Ini sekaligus merupakan terobosan kebijakan dalam menghadapi pandemi covid-19. Harapannya, tak ada antrean warga di ruang atau gedung tertentu,” tegas wabup yang dikenal peduli dan dekat dengan rakyat itu.

| Baca Juga:  Wakil Bupati Blitar Peduli Nasib Kakek Miswan

Lebih dalam, orang nomor dua di Kabupaten Blitar itu mengajak seluruh stakeholder, khususnya muspika di seluruh wilayah Kabupaten Blitar, untuk menyukseskan layanan drive thru kependudukan.

“Seluruh elemen masyarakat, khususnya muspika, ayo bersama-sama kita sosialisasikan program yang bagus ini. Dan jangan lupa, kekompakan kita menyukseskan program layanan ini harus dibarengi dengan pelaksanaan protokol kesehatan, yakni pakai masker, rajin cuci tangan dengan sabun dan air mengalir dan jaga jarak,” pungkasnya.(*)

Reporter : Ana Alana
Editor : Linda Kusuma