Beranda Advetorial Dukung Budidaya Ikan Cupang di Kabupaten Kediri, Dinas Perikanan Gelar Seminar

Dukung Budidaya Ikan Cupang di Kabupaten Kediri, Dinas Perikanan Gelar Seminar

BERBAGI
Dukung Budidya Ikan Cupang di Kabupaten Kediri, Dinas Perikanan Gelar Seminar
Seminar ikan hias cupang yang diadakan Dinas Perikanan dan juga KBC. (foto: linda kusuma)

AGTVnews.com – Kabupaten Kediri saat ini tumbuh menjadi salah satu sentra budidaya ikan hias. Betta atau ikan cupang menjadi produk andalan yang cukup di Kabupaten Kediri.

Mendukung agar pembudidaya ini semakin berkembang, Dinas Perikanan Kabupaten Kediri menggandeng Kediri Betta Club (KBC) menggelar seminar Bisnis Perikanan dengan tema “Seminar Ikan Hias Cupang”.

Kegiatan ini digelar dalam rangka Kediri Betta Contest ke-7 di Convention Hall SLG, Sabtu (26/9/2020).

Seminar ini digelar secara tatap muka dengan jumlah peserta terbatas. Seminar ini juga menerapkan protokol kesehatan secara ketat.  Peserta dibatasi 30 orang saja dengan kursi berjarak 1 meter.

Mengakomodir peserta lain, kegiatan seminar ini juga diadakan secara online, melalui chanel youtube Dinas Pertanian Kabupaten Kediri.

| Baca Juga:  Dorong Potensi Daerah, Dinas Perikanan Kabupaten Kediri Gelar Bazar Perikanan

Produksi IKan Cupang Di Kabupaten Kediri Sangat Tinggi

Plt Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Kediri Nurhafid mengatakan, seminar yang diadakan ini, sebagai salah satu upaya untuk mendukung semakin berkembangnya para pembudidaya ikan hias di wilayah Kabupaten Kediri.

“Produksi ikan cupang di Kabupaten Kediri saat ini sangat tinggi. Kita ingin menambah nilai ekonomis dari jual ikan hias cupang ini. Jadi kita sharing ilmu agar pembudi daya ikan cupang juga tahu, bagaimana cara merawat ikan hias ini. trend apa saja yang saat ini di masyarakat,” jelasnya.

Sentra penghasil ikan cupang di terbesar Kabupaten Kediri ada di tiga wilayah yaknidi Kecamatan Ngadiluwih, Gurah dan Paron. “Total produksi ikan hias cupang di Kabupaten Kediri per tahunnya mencapi 102 juta ekor,” jelasnya.

| Baca Juga:  Dinkes Gelar Pertemuan Koordinasi Rujukan Pasien Corona Kabupaten Kediri

Sementara itu, ketua Kediri Betta Club, Yusuf Saputro mengapresiasi perhatian yang diberikan pemerintah Kabupaten Kediri terhadap pembudi daya ikan cupang. Menurutnya, hal ini menjadi salah satu pendorong bagi berkembangnya usaha ikan hias cupang.

“Ya, ini memang perhatian yang sangat besar dari pemerintah. Kita bisa mengadakan “Bethamorphosis, 7th Betta Kediri Contest. Menjadi sebuah kebanggaan tersendiri. Terlebih Kabupaten Kediri masuk diantara 6 tempat di Asia Pasifik untuk point Betta secara internasional. Ini sangat membanggakan. Menjadi prestise sendiri bagi kami,” ucapnya.

Kediri Betta Kontes merupakan kegiatan tahunan yang rutin digelar oleh KBC bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Kediri. (*)

Advetorial Dinas Kominfo Kabupaten Kediri