Beranda Kesehatan Gajahmada dan Prajurit Kerajaan Bagi-bagi Masker kepada Pengguna Jalan di Blitar

Gajahmada dan Prajurit Kerajaan Bagi-bagi Masker kepada Pengguna Jalan di Blitar

BERBAGI
Gajahmada dan Prajurit Kerajaan Bagi-bagi Masker kepada Pengguna Jalan di Blitar
seorang pengguna jalan mendapat bunga dari Gajahmada sebagai apresiasi karena memakai masker. (foto : ana alana)

AGTVnews.com – Sejumlah pengguna jalan yang melintas di Jalan Kusuma Bangsa, Kecamatan Kanigoro, Kabupaten Blitar dikejutkan dengan kehadiran Gajahmada didampingi sejumlah prajurit kerajaan Majapahit. Pasukan kerajaan ini menghentikan para pengguna jalan.

Ternyata mereka adalah anggota Satlantas Polres Blitar yang melakukan sosialisasi dan bagi-bagi masker untuk penerapan protokol kesehatan (Prokes).

Kapolres Blitar AKBP Ahmad Fanani Eko Prasetya mengatakan, nuansa kerajaan Jawa kuno ini dipilih agar lebih berkesan. Sehingga masyarakat selalu ingat dengan pesan yang disampaikan. Selain itu Kabupaten Blitar juga dikenal sebagai Bhumi Laya Ika Tantra Adhi Raja atau bumi persemayaman raja-raja besar pendiri bangsa.

“Kegiatan ini dilaksanakan untuk memperingati hari lalu lintas ke-65. Kami memilih tema ini untuk mengingatkan kembali bahwa Kabupaten Blitar ini adalah Bhumi Laya Ika Tantra Adhi Raja atau bumi persemayaman raja-raja besar pendiri bangsa,” ujar Kapolres Blitar.

| Baca Juga:  Pamit Cari Rumput, Warga Gandusari Blitar Ditemukan Mengambang di Kolam Ikan

Dalam kegiatan ini, Polres Blitar membagikan 22.965 masker. Dengan pembagian masker dan sosialisasi ini diharapkan warga Kabupaten Blitar semakin patuh dan mentaati protokol kesehatan untuk memutus penularan Covid-19.

Selain langkah sosialisasi dan bagi-bagi masker, untuk menekan angka penularan pihaknya juga secara masif melalukan penegakan disiplin kepatuhan masyarakat dan pengawasan kegiatan melibatkan massa.

Polisi bersama TNI dan Pemkab Blitar terus melakukan penegakan disiplin protokol kesehatan sesuai Inpres No 6 tahun 2020 yang ditindaklanjuti dengan dasar aturan Perda Provinsi Jatim No 2 Tahun 2020, Perda Provinsi No 1 Tahun 2019 dan Pergub No 53 Tahun 2020.

| Baca Juga:  Nahas, Gempur Tebing Penambang Pasir di Blitar Tertimbun

“Jadi disamping upaya-upaya sosialisasi kami juga melakukan penegakan pendisiplinan protokol kesehatan,” ujarnya.

Untuk diketahui saat ini Kabupaten Blitar masih berada di zona oranye dengan resiko penularan sedang. Jumlah komulatif kasus Covid-19 sudah mencapai 527.

Melansir data Satgas Covid-19 Kabupaten Blitar dari jumlah komulatif tersebut, 431 dinyatakan sembuh. Sisanya 54 orang masih menjalani karantina di rumah karantina, karantina mandiri dan karantina di RSUD Ngudi Waluyo Wlingi. Sementara 42 dinyatakan meninggal dunia.(*)

Reporter : Ana Alana
Editor : Linda Kusuma