Beranda Advetorial Gubernur Jatim Apresiasi Inovasi Salam Empat Jari Dispendukcapil Blitar

Gubernur Jatim Apresiasi Inovasi Salam Empat Jari Dispendukcapil Blitar

BERBAGI
Gubernur Jatim Apresiasi Inovasi Salam Empat Jari Dispendukcapil Blitar
Gubernur Jawa Timur apresiasi layanan Dispendukcapil Kabupaten Blitar. (foto:ana alana)

AGTVnews.com – Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa memuji pelayanan Salam Empat Jari Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) Kabupaten Blitar.

Hal ini diungkapkan Khofifah saat mengunjungi kampung UMKM di Desa Rejowinangun, Kecamatan Kademangan, Sabtu (12/9/2020).

Dispendukcapil saat ini gencar menelurkan inovasi di bidang layanan kependudukan.

Dalam kesempatan tersebut untuk pertama kalinya Dispendukcapil melaksanakan pelayanan dari inovasi terbarunya yakni Salam Empat Jari. Layanan ini memiliki slogan Datang, Verval, Cetak, Serah.

Desa Rejowinangun menjadi salah satu desa pertama di Kabupaten Blitar menerapkan layanan Salam Empat Jari.

“Keren sekali inovasinya. Mudah-mudahan ini bisa mendorong cepatnya layanan-layanan publik. Sehingga masyarakat bisa lebih cepat, lebih mudah,” ungkap Gubernur Khofifah.

Dengan kecepatan dan kemudahan di bidang layanan kependudukan, Gubernur melihat ini akan jadi faktor yang mendorong masyarakat bisa lebih produktif.

Keberadaan Layanan Empat Jari di Desa Rejowinangun juga kian melengkapi inovasi Pemerintah Desa Rejowinangun yang sukses menjadikan desanya sebagai Desa Digital.

“Inovasi sekeren ini akan mendorong kecepatan pelayanan dan mendorong produktifitas masyarakat disini. Terlebih Desa Rejowinangun ini juga sudah jadi desa digital. Nah, Desa Digital ini akan jadi pintu masuk inovasi-inovasi lainya baik dari aparat pemerintah desa maupun dari masyarakat di sekitar sini,” paparnya.

| Baca Juga:  Tekan Angka Pengangguran, Pemkab Blitar Gelar Job Fair

Kepala Dispendukcapil Kabupaten Blitar, Luhur Sejati, mengungkapkan layanan Empat Jari merupakan inovasi terbaru dari instansinya. Inovasi ini untuk memudahkan dan mendekatkan pelayanan kependudukan kepada masyarakat.

“Salam Empat Jari ini adalah inovasi terbaru dari Dispendukcapil Kabupaten Blitar. Dengan layanan ini, sebagian pelimpahan wewenang kita limpahkan kepada desa,” jelas Luhur Sejati.

“Nantinya, adminduk bisa diurus cukup di kantor desa. Semua diverifikasi di desa kemudian dikonfirmasi kepada kami, kami setujui, kami tandatangani, dokumen bisa dicetak di kantor desa. Jadi warga tidak perlu wira-wiri ke kantor Dispendukcapil lagi,” imbuhnya.

Dia menambahkan, untuk saat ini akan ada dua desa di Kabupaten Blitar yang akan menerapkan layanan Salam Empat Jari. Selain Desa Rejowinangun, Desa Sanankulon juga akan segera menerapkan layanan ini. Di tahap berikutnya, Dispendukcapil akan mendorong layanan ini menyasar desa-desa lainya di Kabupaten Blitar.

| Baca Juga:  Pemkab Blitar Siapkan Tempat Isolasi di Setiap Desa

“Harapan kita kedepannya seluruh desa akan menerapkan Salam Empat Jari, minimal di setiap kecamatan ada satu desa yang menerapkan layanan ini. Sehingga pengurusan adminduk cukup di kantor desa. Yang bisa diurus di Salam Empat Jari ini semua akta, kartu keluarga (KK), perubahan dokumen dan sebagainya. Kalau cetak e-KTP belum bisa, masih harus di kantor Dispendukcapil. Kita juga akan programkan ke depan kecamatan bisa cetak e-KTP, sehingga semua urusan cukup di wilayah,” pungkasnya.

Selain meninjau pelaksanaan layanan Salam Empat Jari, dalam kesempatan ini Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa juga meninjau pelayanan Drive Thru Dispendukcapil Kabupaten Blitar. Bersama-sama Bupati Blitar Rijanto dan Kepala Dispendukcapil Kabupaten Blitar Luhur Sejati serta Sekda Jawa Timur Heru Tjahjono, gubernur membagikan langsung e-KTP dan masker gratis kepada pemohon layanan Drive Thru.(*)

Reporter : Ana Alana
Editor : Linda Kusuma