Beranda Peristiwa Ini Penyebab Seringnya Pemadaman Listrik di Tulungagung

Ini Penyebab Seringnya Pemadaman Listrik di Tulungagung

BERBAGI
Ini Penyebab Seringnya Pemadaman Listrik di Tulungagung
petugas PLN di Tulungagung mengevakuasi layang-layang gapangan yang tersangkut di tiang listrik. (foto: maman firmansyah)

AGTVnews.com – Dalam kurun waktu 4 bulan terakhir terjadi pemadaman listrik di wilayah Tulungagung hampir 20 kali. Bahkan pemadaman yang dilakukan hingga berjam-jam.

Supervisor Tulungagung, Aji Prima mengatakan, penyebab pemadaman yang terjadi sebagian besar akibat adanya layang-layang gapangan yang tersangkut di kabel listrik.

“Data yang ada di kami, penyebab utama pemadaman ini karena adanya layang-layang gapangan yang tersangkut. 95% persen akibat layang-layang, sisanya yang 5 % karena ada ranting pohon atau penyebab lain,” jelasnya, Kamis (24/9/2020).

Sementara itu, akibat pemadaman tersebut, PLN juga mengalami kerugian hingga puluhan juta rupiah. Kerugian ini akibat listrik yang sudah diproduksi tidak bisa disalurkan kepada pelanggan.

| Baca Juga:  Lupa Saat Panaskan Sirup, Warung Bakso di Tulungagung Ludes Terbakar

” Kita yang di desa Majan kemarin saja padam hingga 4 jam itu kerugiannya 400 ribu KWH tak tersalurkan ke pelanggan dan kalau dirupiahkan bisa sampai Rp 53 juta,” jelasnya.

Aji menyebut, angka tersebut bukan kerugian terbesar yang pernah dialami. Dikatakannya kerugian yang diderita pelanggan juga tak kalah besar. Mengingat selama ini beberapa perusahaan besar yang menjadi pelanggan PLN juga sering mengeluh adanya pemadaman tersebut.

“Banyak sekali komplain yang masuk, apalagi selama ini perusahaan besar itu kan beroperasi 24 jam, jadi kalau mati pasti komplain,” pungkasnya.

Reporter : Maman Imansyah
Editor : Linda Kusuma