Beranda Pemerintahan Masuk Zona Merah, ASN di Blitar Tetap Masuk 100 Persen

Masuk Zona Merah, ASN di Blitar Tetap Masuk 100 Persen

BERBAGI
Masuk Zona Merah, ASN di Blitar Tetap Masuk 100 Persen
Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kota Blitar, Suyoto. (foto : ana alana)

AGTVnews.com – Kota Blitar sempat masuk kedalam zona merah persebaran covid-19. Meski demikian, ASN di lingkup Pemerintah Kota (Pemkot ) Blitar tetap masuk seperti biasa.

Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kota Blitar, Suyoto mengatakan, selama lima hari masuk zona merah, ASN di lingkup Pemkot Blitar tetap masuk seperti biasa. Hal ini karena Pemkot belum menyiapkan aturan terkait jam kerja ASN, ketika daerahnya masuk zona merah.

“Karena kami baru menerima Surat Edaran dari Men PAN-RB terkait pengaturan ASN sesuai zona di daerah. Jadi saat Kota Blitar masuk zona merah kemarin, kami belum punya acuan untuk menerapkan WFH. Nah, saat ini kami sedang mengkaji dan membuat mekanisme, agar penerapan sistem WFH ini efisien dan efektif,” ujar Suyoto, Rabu (9/9/2020).

| Baca Juga:  Pemkot Blitar Tutup Kafe Karaoke, Ini Tangapan Forum Ormas Islam

Mekanisme ini, kata Suyoto nantinya akan disesuaikan dengan zona penyebaran Covid-19. Mengingat perubahan dari zona merah ke zona oranye atau bahkan zona hijau sangat cepat.

“Regulasi dan mekanismenya sedang disusun. Namun yang harus dipahami WFH artinya tetap bekerja hanya pindah tempat di rumah,” tegasnya.

Perkantoran Pemkot Blitar Penuhi Protokol Kesehatan

Lebih lanjut, Suyoto menjelaskan jika kondisi perkantoran di jajaran Pemkot Blitar saat ini sudah memenuhi syarat penerapan protokol kesehatan. Selain diharuskan memakai masker dan cuci tangan, tempat duduk untuk para pegawai juga diberi jarak minimal 1 meter.

Untuk diketahui dalam Surat Edaran Menteri PAN-RB No. 67/2020 tanggal 4 September 2020, aturan ini perubahan atas Surat Edaran Menteri PAN-RB No. 58/2020 Tentang Sistem Kerja Pegawai ASN dalam Tatanan Normal Baru jika berada di zona oranye maka seharusnya 50% ASN WFH dan sisanya bekerja di kantor.

| Baca Juga:  Pemkot Blitar Siapkan 3 Miliar untuk Sepeda Gratis Jilid II

Sementara jika masuk zona merah yang bekerja dari kantor, dibatasi hanya 25% dari kapasitas maksimal, sisanya 75 % WFH.

Sedangkan zona kuning atau risiko rendah, jumlah pegawai yang bekerja dari kantor maksimal 75% sisanya WFH. Untuk di zona hujau, jumlah pegawai yang bekerja dari kantor dapat diatur maksimal 100%.

Kota Blitar sempat menjadi zona merah selama lima hari terakhir. Namun saat ini, telah kembali masuk kedalam zona oranye.(*)

Reporter : Ana Alana
Editor : Linda Kusuma