Beranda Pemerintahan Melalui Webinar, Walikota Kediri Bagikan Tips Sukses Berbisnis di Era New Normal

Melalui Webinar, Walikota Kediri Bagikan Tips Sukses Berbisnis di Era New Normal

BERBAGI
Melalui Webinar, Walikota Kediri Bagikan Tips Sukses Berbisnis di Era New Normal
Walikota Kediri, Abdullah Abu Bakar dalam webinar tips dan trik untuk umkm di masa pandemi.(foto : istimewa)

AGTVnews.com – Walikota Kediri, Abdullah Abu Bakar memaparkan peran Pemerintah Kota Kediri pada masa pandemi Covid-19 dan new normal bagi UMKM.

Paparan ini disampaikan Abdullah Abu Bakar saat menjadi narasumber dalam webinar prospek bisnis online di era new normal #JualanLagiRek bareng Grab Express, Jumat (18/9/2020).

Webinar ini diikuti oleh kurang lebih 150 pelaku usaha di Kediri melalui aplikasi zoom. Webinar ini juga menghadirkan narasumber lain yakni, Wempy G.S yang merupakan social media strategist digital marketing.

Mas Abu sapaan akrab walikota menjelaskan bahwa selama masa pandemi Covid-19 dan new normal, ada beberapa peran Pemerintah Kota Kediri bagi UMKM.

Pertama, menjaga kelangsungan usaha. Kedua, dukungan permodalan. Ketiga, pendampingan digitalisasi UMKM. Keempat, membentuk persepsi publik. Kelima, promosi produk. Keenam, kemitraan strategis dengan private sector.

Pemerintah Dorong Perekonomian Warga Agar Terus Bergerak

“Saya ingin menjelaskan bahwa peran Pemerintah Kota Kediri adalah mendukung UMKM di Kota Kediri. Kita memang menggerakkan UMKM dan menjaga kelangsungan usaha,” ujarnya.

| Baca Juga:  Peringati Isra' Mi'raj, Pemkot Kediri Gelar Pengajian

Untuk pelaku UMKM lokal, Pemerintah Kota Kediri juga memberikan dukungan diantaranya  Belanja Instan dari Rumah (Bi Imah) yang merupakan layanan home delivery dari pasar tradisional dan retail modern.

Kemudian Pemerintah Kota Kediri juga membeli ratusan ribu lembar masker berbahan tenun ikat Kediri. Lalu membentuk opini publik, untuk memulihkan persepsi terhadap daerah yang terdapat kasus konfirmasi positif. Lalu juga dilakukan live review produk-produk UMKM melalui akun instagram @abdullah_abe.

“Memang kami melakukan percepatan, dan juga kita mendorong secara masif, yang dunia sedang seperti ini, jadi mau tidak mau ya harus menyesuaikan diri,”ungkapnya.

Mas Abu mencontohkan beberapa cerita sukses UMKM Kota Kediri selama masa pandemi.

| Baca Juga:  Wawali Buka Pengajian Akbar Dharma Wanita Kota Kediri

Penjahit masker dari perajin lokal beralih memproduksi masker. Ayam Mangkus, inisiasi dua pemuda yang tidak bisa balik ke Jakarta yang akhirnya membuat frozen food ayam. Sambel Nyonya Nyonyor, sambal botolan yang praktis. Jamu Mas Ang yang memproduksi varian baru untuk memperkuat imun tubuh.

Kepada para peserta webinar, Mas Abu juga berbagi beberapa faktor penentu sukses berbisnis Era New Normal.

Pertama, unique selling point yaitu keunikan yang membedakan dengan produk kompetitor. Kedua, Service delivery yaitu kualitas layanan agar pelanggan puas. Ketiga, digital marketing melalui sosial media, marketplace, serta on-demand platform.

“Disini bisa saya simpulkan bahwa digitalisasi adalah kunci. Karena di era pandemi pergerakan orang berkurang sedangkan pergerakan barang justru meningkat. Maka migrasi ke pemasaran digital bukanlah pilihan namun keharusan,” pungkasnya.(*)

Editor : Linda Kusuma