Beranda Politik Muncul Bakal Calon Baru, Pilbup Kediri Tak Lagi Calon Tunggal?

Muncul Bakal Calon Baru, Pilbup Kediri Tak Lagi Calon Tunggal?

BERBAGI
Proses pendaftaran Bakal Calon Bupati dan Wakil Bupati Kediri di gedung Bhagawanta Bhari. (foto: linda kusuma)

AGTVnews.com – Mendekati akhir pendaftaran perpanjangan Bakal Calon Bupati Kediri, dinamikan politik semakin bergejolak. Santer beredar kabar akan ada pasangan baru calon bupati yang mendaftar.

Komisioner KPU Kabupaten Kediri Divisi Teknis Penyelenggaraan, Anwar Ansori membenarkan jika ada pasangan bakal calon yang akan mendaftar di masa perpanjangan.

“Pada hari pertama dan kedua di masa perpanjangan pendaftaran, ada yang datang untuk konsultasi terkait pendaftaran pasangan bakal calon. Infonya hari ketiga akan mendaftar, namun jam berapanya masih belum jelas,” ucap Anwar, Minggu (13/9/2020).

Dikatakan Anwar, KPU Kabupaten Kediri melakukan penundaan pendaftaran sesuai dengan PKPU No 1 Tahun 2020. “Ini karena sampai akhir pendaftaran hanya ada 1 pasangan bakal calon yang mendaftar. jadi kita tunda. Kita lakukan sosialisasi lagi, kemudian perpanjangan pendaftaran ini,” paparnya.

| Baca Juga:  Partai Golkar Kediri Buka Pendaftaran Calon Bupati

Meski mendaftar di masa perpanjangan, harus jelas bakal calon yang diusung siapa dan pengusungnya siapa. Persyaratannya, semua sama seperti pada masa pendaftaran.

“Sama semua, persyaratan dan juga apa-apa yang harus dilengkapi. Tapi yang pasti harus jelas, siapa calon yang bakal diusung dan siapa pengusungnya,” beber Anwar.

Kalau pengurus DPC tidak ada, bisa saja pengurus yang hadir dari DPP. “Sah-sah saja itu. Yang penting jelas siapa pengusung dan yang diusung,” tambahnya.

Terkait rekom yang sudah terlebih dahulu diberikan kepada pasangan bakal calon sebelumnya, menurut Anwar tidak masalah. Partai bisa memberikan rekomendasi baru kepada bakal pasangan calon yang berbeda.

“Bisa kok, partai memberikan rekomendasi baru kepada pasangan yang berbeda. Asalkan ada surat pemberitahuan, jika rekomendasi yang diberikan sebelumnya sudah dicabut. Otomatis rekom sebelumnya akan batal,” imbuhnya.

| Baca Juga:  Pemilihan Bupati Kediri, KPU Tetapkan 130 PPK

Saat dikonfirmasi melalui sambungan suara, Anwar enggan untuk menyebutkan siapakah pasangan baru yang akan maju sebagai pesaing Dhito-Dewi.

Kabar yang beredar pasangan bakal calon yang muncul adalah H. Ridwan yang dikenal sebagai pendakwah, bersama Mudawamah yang merupakan Ketua Pengurus Cabang (PC) Muslimat NU Kabupaten Kediri.

“Belum mendaftar, masih konsultasi. Siapa orangnya kita belum tahu, nanti dilihat saja,” pungkasnya.

Seperti diketahui, pasangan Dhito-Dewi sempat menjadi calon tunggal karena saat mendaftar membawa seluruh pengurus parpol di Kabupaten Kediri. Saat itu diprediksi Dhito-Dewi akan melawan bumbung kosong.(*)

Reporter : Linda Kusuma
Editor : Yusuf Saputro