Beranda Politik Pendukung Pasangan Independen Geruduk Bawaslu

Pendukung Pasangan Independen Geruduk Bawaslu

BERBAGI
Puluhan massa Forum Peduli Independen Kota Blitar menggeruduk Kantor Bawaslu setempat mendukung pasangan Listeng lolos Pilwali Blitar. (foto: ana alana)

AGTVnews.com – Puluhan warga yang menamakan diri Forum Peduli Independen Kota Blitar menggeruduk Kantor Bawaslu setempat, Minggu (6/9/2020). Mereka datang untuk mengawal sidang gugatan pasangan Lisminingsih-Teteng (Listeng) yang digelar Bawaslu.

Pasangan Listeng mengajukan gugatan atas keputusan KPU Kota Blitar dalam tahapan Pemilihan Walikota Blitar. Pasangan Listeng dinyatakan tidak lolos jumlah minimal dukungan.

Dalam orasinya, massa menyampaikan beberapa poin keberatan atas keputusan KPU Kota Blitar. Diantaranya ada pendukung Listeng yang dicoret karena tidak masuk Daftar Pemilih Tetap (DPT), ada yang dicoret tanpa alasan, dan ada ketidakjelasan dukungan ganda.

| Baca Juga:  Hadapi Pilwali Blitar, PPP Ogah Jadi Partai Pendukung

“Tuntutan kami agar Listeng diloloskan. Kita sudah musyawarah namun KPU itu ketika kita sodori pertanyaan tidak menjawab ini ada indikasi tidak netral. penyelenggara harusnya ikut aturan. Semua sudah ada aturannya,” ujar Korlap Aksi, Sudarmanto.

Sementara Ketua Bawaslu Kota Blitar, Bambang Arintoko mengaku menerima gugatan dari Lisminingsih-Teteng pada 1 September 2020 lalu. Ada lima klausul yang masuk materi gugatan. Dimana intinya mereka tidak bisa menerima putusan KPU Kota Blitar.

“Kami telah lakukan sidang sebanyak dua kali. Ini yang ketiga, kami lakukan sidang musyarawah terbuka karena belum juga mencapai kata mufakat,” pungkas Bambang.

| Baca Juga:  Pilwali Kota Blitar: PPP Digaet 4 Partai, PKB Masih Dinamis

Untuk diketahui, syarat administratif dukungan bagi paslon dari jalur independen di Pilwali Kota Blitar tahun 2020 adalah 11.355 orang.

Sementara Bapaslon Lisminingsih-Teteng Rukmocondrono hanya berhasil mengumpulkan dokumen dukungan memenuhi syarat (MS) verifikasi faktual (verfak) II sebanyak 4.594. Sedangkan hasil verfak I sebanyak 5.469. Sehingga total dukungan hanya 10.018.(*)

Reporter: Ana Alana
Editor : Yusuf Saputro