Beranda Pemerintahan Perkuat UKM/IKM di Tengah Pandemi Disperdagin Beri Edukasi Izin BPOM

Perkuat UKM/IKM di Tengah Pandemi Disperdagin Beri Edukasi Izin BPOM

BERBAGI
Perkuat IKM / UKM di Tengah Pandemi Disperdagin Beri Edukasi Izin BPOM
Disperdagin Kota Kediri jalin kerjasama dengan Loka POM untuk peningkatan UKM/IKM Kota Kediri. (foto:istimewa)

AGTVnews.com – Dinas Perdagangan dan Industri (Disperdagin) Kota Kediri menyelenggarakan acara Bincang Ringan tentang Diskusi Keamanan Pangan bersama Loka POM Kediri, Rabu (16/9/2020). Kegiatan ini diikuti sekitar 20 pelaku usaha di Kota Kediri.

Plt Kepala Disperdagin Kota Kediri, Nur Muhyar mengatakan, bincang ringan ini diadakan sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan mutu dari UKM dan IKM di Kota Kediri.

Terlebih saat ini, semakin banyak usaha rumahan di Kota Kediri yang membuat produk olahan pangan seperti minuman dalam kemasan botol dan frozen food.

| Baca Juga:  60 ASN Kota Kediri Ikuti Pembekalan Purna Tugas

“Untuk produk-produk tersebut, izin yang dipersyaratkan adalah izin edar pangan yang diterbitkan Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM), bukan Izin PIRT dari Dinkes setempat,” jelasnya.

Pelaku IKM/UKM Masih Awam Terkait Izin BPOM

Kegiatan bincang ringan ini digelar Disperdagin dengan mengundang Loka Pengawasan Obat dan Makanan (POM) Kediri.

Loka POM merupakan perwakilan BPOM di daerah, untuk memberikan pemahaman yang lebih mendalam kepada para pelaku UKM/IKM tentang prosedur pengurusan izin BPOM. Menjadi narasumber adalah kepala Loka POM Kediri Joni Edrus Setiawan.

“Kebanyakan pelaku UKM/IKM memang masih awam dengan izin BPOM. Adalah tugas kami untuk meningkatkan wawasan mereka agar daya saing produk lokal kita semakin kuat,”pungkas Nur Muhyar.

| Baca Juga:  Pemkot Kediri Gelar Rapid Test Massal Bagi Pegawai Lingkup Kerja Balaikota

Sementara itu, satu diantara peserta, Angga Pria Santoso mengaku senang diundang Disperdagin untuk mengikuti bincang ringan itu.

“Saya memang sudah lama menunggu kegiatan semacam ini karena ingin tahu bagaimana prosedur mengurus izin MD (Makanan Dalam Negeri) untuk minuman herbal saya,” jelas pengusaha minuman sinom ini.

Nantinya, Disperdagin akan menjajaki kolaborasi yang lebih erat dengan Loka POM Kediri. (*)

Editor : Linda Kusuma