Beranda Advetorial Petakan Lahan Pertanian, Pemkab Kediri Gelar Pelatihan Operasional Drone

Petakan Lahan Pertanian, Pemkab Kediri Gelar Pelatihan Operasional Drone

BERBAGI
Petakan Lahan Pertanian, Pemkab Kediri Gelar Pelatihan Operasional Drone
sejumlah pegawai di Dispertabun Kabupaten Kediri, mengikuti pelatihan pengoperasionalan drone.(foto: istimewa)

AGTVnews.com – Pemerintah Kabupaten Kediri melalui Dinas Pertanian dan Perkebunan (Dispertabun) Kabupaten Kediri melakukan pelatihan operasional drone. Pelatihan ini diadakan bagi sejumlah pegawai di dinas tersebut.

Kegiatan diikuti setiap bidang di Dispertabun, dengan masing-masing peserta sebanyak 15 orang. Pemateri pelatihan berasal dari komunitas drone di Malang.

Kasi perbenihan dan Perlindungan Tanaman Holtikultura Dispertabun Kabupaten Kediri, Arahayu Setyoadhi mengatakan, pelatihan operasional drone ini bertujuan untuk mempermudah kinerja dalam pemetaan lahan pertanian di Kabupaten Kediri.

“Sebelumnya kita sudah melakukan pemetaan. Namun pemetaan yang dilakukan tersebut menggunakan jasa konsultan. Ini terbatas oleh sistem kerjasama, waktu dan juga biaya,” jelasnya, Selasa (8/9/2020).

| Baca Juga:  Air Terjun Ngleyangan, Surga Alam Tersembunyi Lereng Wilis

Diharapkan dengan adanya pelatihan ini, maka pemetaan bisa dilakukan secara mandiri, sehingga akan lebih efektif.

“Awalnya, memang untuk tanaman pangan, padi dan jagung. Tetapi ke depan rencananya untuk melihat potensi Kabupaten Kediri. Baik itu potensi dari perkebunan, pangan maupun komoditas holtikulturanya,” ucapnya.

Pemanfaatan mesin drone untuk pertanian dinilai sangat efektif, karena dapat digunakan sesuai dengan kebutuhan. Dicontohkan Setyohadi, untuk pemetaan wilayah holtikultura pada komoditas tanaman cabai, akan diketahui setiap fase pertumbuhan cabai mulai dari fase vegatatif, generatif atau masa panen.

| Baca Juga:  Sarasehan dan Rembuk Stunting Untuk Peningkatan Sanitasi Bersih

Pelatihan tersebut hanya diadakan satu hari saja. Diharapkan masing-masing operator nantinya akan terus berlatih sehingga didapat hasil yang maksimal.

Saat ini Dispertabun telah melakukan pengadaan dua unit drone. Pesawat nirawak ini memiliki spesifikasi khusus terhadap tingkat kestabilan di udara, saat pengambilan gambar. Nantinya, setiap satu unit mesin drone bakal dioperasionali oleh dua orang tenaga SDM sebagai operator. (*)

Advetorial Dinas Kominfo Kabupaten Kediri