Beranda Pemerintahan Siaga Covid-19, Pemkot Blitar Siapkan Darurat Penanganan Kesehatan Hingga Rp 11 Miliar

Siaga Covid-19, Pemkot Blitar Siapkan Darurat Penanganan Kesehatan Hingga Rp 11 Miliar

BERBAGI
Pemkot Blitar Siapkan Darurat Penanganan Kesehatan Hingga Rp 11 Miliar
Kepala Badan Pendapatan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kota Blitar, Widodo Sapto Johanes. (foto: ana alana)

AGTVnews.com – Pemerintah Kota  (Pemkot) Blitar menyiapkan anggaran penanganan Covid-19 sebesar Rp 11 miliar. Anggaran ini disiapkan karena pandemi covid-19 tak kunjung reda.

Kepala Badan Pendapatan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kota Blitar, Widodo Sapto Johanes mengatakan anggaran tak terduga itu sudah disetujui di perubahan APBD Kota Blitar 2020.

“Anggaran tidak terduga sekitar Rp 11 miliar untuk mengantisipasi apabila ada kejadian luar biasa di bidang kesehatan. Itu disediakan, namun semoga tidak ada tapi kita jaga-jaga,” ujar Widodo, Rabu (30/9/2020).

| Baca Juga:  Lomba Balita Sehat, Wali Kota Blitar Minta Gizi Anak Selalu Terpenuhi

Di masa pandemi ini, Pemkot Blitar juga meminta semua organisasi perangkat daerah (OPD) ikut mendukung penanganan dampak ekonomi dan dampak sosial akibat pandemi Covid-19 di masyarakat. Artinya semua kegiatan di OPD diharapkan bisa menggerakkan ekonomi di masyarakat.

“Di OPD yang lain program dan kegiatannya diarahkan untuk mensuport penanganan dampak ekonomi dan dampak sosial terkait pandemi Covid ini. Misalnya pelatihan ekonomi bagi masyarakat yang terdampak. Kalau bisa kegiatan di OPD yang bisa menggerakkan ekonomi masyarakat. Misalnya, program padat karya mandiri tunai dan pekerjaan fisik di PU bisa melibatkan masyarakat,” jelasnya.

| Baca Juga:  Pemkot Blitar Launching Layanan Panggil Darurat 112

Sebelumnya, Pemkot Blitar telah mengalokasikan anggaran sebesar Rp 62 miliar untuk penanganan pandemi Covid-19. Dana itu hasil realokasi dan refocusing anggaran di tiap OPD. Anggaran itu digunakan untuk penanganan kesehatan, ekonomi, dan sosial di masyarakat akibat pandemi Covid-19. (*)

Reporter : Ana Alana
Editor : Linda Kusuma