Beranda Peristiwa Tak Pakai Masker di Jombang Denda Rp 50 Ribu

Tak Pakai Masker di Jombang Denda Rp 50 Ribu

BERBAGI
Tak Pakai Masker di Jombang Denda Rp 50 Ribu
tak pakai masker, harus sidang di tempat dan bayar denda. (foto: aan hidayat)

AGTVnews.com – Sejumlah pengendara di Jombang dikenakan denda Rp 50 ribu karena tak bermasker. Mereka harus menjalani sidang di tempat atas pelanggaran Inpres no 6 tahun 2020 serta Perda Jatim no 2 tahun 2020, tentang Protokol Kesehatan. Sidang dilakukan langsung oleh petugas dari Pengadilan Negeri Jombang.

Para pelanggar ini, tidak hanya harus menjalani sidang dan membayar denda. Namun mereka juga mendapat sanksi melakukan pekerjaan sosial seperti menyapu jalan dan menyanyikan lagu Indonesia Raya.

Kapolres Jombang, AKBP Agung Setyo Nugroho mengatakan, sanksi denda mulai diterapkan agar masyarakat semakin disiplin.

| Baca Juga:  Tabrak Bus Rukun Jaya, Pelajar Tewas

“Sanksi terhadap pelanggar protokol kesehatan mulai diterapkan. Sesuai dengan Inpres nomor 6 tahun 2020 serta Peraturan Daerah Propinsi Jawa Timur no 2 tahun 2020 tentang protokol kesehatan. Semua pelanggar langsung disidang ditempat,” Tucap Agung Setyo, Selasa (15/9/2020).

Dikatakan Agung, penerapan sanksi ini diberikan untuk memberikan efek jera kepada masyarakat agar tertib terhadap protokol kesehatan terutama penggunaan masker saat beraktifitas.

“Razia akan terus kita lakukan siang dan malam serta dilokasi yang berbeda. Sampai nanti masyarakat tertib dan paham tentang penerapan protokol kesehatan. Untuk sementara sanksinya masih ringan, Rp 50 ribu, belum penuh seperti peraturan yang ada,” pungkasnya. (*)

Reporter : Aan Hidayat
Editor : Linda Kusuma