Beranda Hukum Kriminal Tidak Main-main, 8 Kafe dan Acara di Kecamatan Dibubarkan Petugas

Tidak Main-main, 8 Kafe dan Acara di Kecamatan Dibubarkan Petugas

BERBAGI
Langgar Prokes, 8 Kafe Ditutup Kegiatan di Kantor Kecamatan Dibubarkan
petugas gabungan menutup dan menyegelkafe yang tidak menerapkan prokes. (foto : ana alana)

AGTVnews.com – Delapan kafe dan warung kopi di Kabupaten Blitar ditutup dan disegel oleh petugas gabungan. Delapan kafe dan warung kopi tersebut tersebar di 4 kecamatan, diantaranya Kecamatan Garum 1 titik, Talun 3 titik, Wlingi 2 titik dan Kanigoro 2 titik.

Penutupan dilakukan karena kafe dan warung kopi tersebut tidak menerapkan protokol kesehatan (prokes). Petugas gabungan dari
Polres Blitar, Kodim 0808, Sat Pol PP, BPBD, Dinkes dan Dishub Kabupaten Blitar tidak menemukan tempat cuci tangan di kafe-kafe itu.

Sementara, tempat duduk tidak diberi jarak untuk menerapkan physical distancing dan pengunjung tidak ada yang memakai masker.

Selain kafe dan warung kopi, petugas juga membubarkan kegiatan pagelaran wayang kulit di kantor Kecamatan Talun. Kegiatan tersebut dilaksanakan dengan  tidak menerapkan protokol kesehatan.

| Baca Juga:  PNS dan Calo KTP di Blitar Terjaring OTT Saber Pungli

Penerapan Prokes Masuk Tahap Sanksi

Kapolres Blitar AKBP Ahmad Fanani Eko Prasetya mengatakan, penerapan protokol kesehatan saat ini sudah masuk fase pemberian sanksi.

Tindakan tegas yang dilakukan dalam kegiatan ini sesuai dengan Inpres No 6 Tahun 2020, dengan dasar aturan Perda Provinsi Jatim No 2 Tahun 2020 Jo Perda Provinsi No 1 Tahun 2019, Pergub No 53 Tahun 2020 dan Perbup No 40 Tahun 2020.

“Kami tidak tebang pilih, apakah itu warung kopi, restoran dan kafe-kafe maupun instansi pemerintahan yang tidak menerapkan protokol kesehatan akan kami beri sanksi. Bahkan untuk kami tidak segan menutup selamanya kafe-kafe yang masih bandel meski telah dapat teguran keras, ” tegas Fanani.

| Baca Juga:  Terpeleset, Nenek di Blitar Ditemukan Tewas Didalam Sumur

Selain itu, dalam operasi Yustisi ini juga ada 11 pelanggaran tipiring dan 17 pelanggaran lalu lintas oleh masyarakat, mereka tidak memakai masker ketika keluar rumah dan bergerombol tidak menjaga jarak.

“Jangan main-main karena kami akan terus melakukan kegiatan serupa di seluruh wilayah hukum Polres Blitar. Kami akan mengambil tindakan tegas sesuai aturan yang ada bagi para pelanggar,” pungkasnya. (*)

Reporter : Ana Alana
Editor : Linda Kusuma