Beranda Pemerintahan Tulungagung Kekurangan Ribuan PNS

Tulungagung Kekurangan Ribuan PNS

BERBAGI
Tulungagung Kekurangan Ribuan PNS
Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan SDM Pemkab Tulungagung, Arief Budiono. (foto: maman firmansyah)

AGTVnews.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tulungagung menyebut masih kekurangan sekitar 1400 PNS di lingkup kerjanya. Meski saat ini akan ada tambahan sekitar 601 CPNS dari hasil tes SKB CPNS, namun masih belum memenuhi kekurangan yang ada.

Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan SDM Pemkab Tulungagung, Arief Budiono mengatakan, jumlah kekurangan ini berdasarkan analisa yang dilakukan masing-masing Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

“Ada sekitar 1400 kekurangannya, itu kumpulan dari PNS yang sudah pensiun dan lain-lain. Termasuk yang pensiun di tahun ini,” ujarnya, Rabu (30/9/2020).

| Baca Juga:  Pengguna Jasa Kereta Api Meningkat Drastis

Arief mengakui, pihaknya telah memasukkan data tersebut ke Badan Kepegawaian Nasional (BKN), agar penambahan sebanyak itu bisa dialokasikan untuk formasi pada rekruitmen CPNS di tahun mendatang.

Untuk mengisi kekosongan yang ada pemerintah memilih memaksimalkan  PNS yang ada, dengan dibantu oleh sukarelawan.

“Sudah kita usulkan, tapi persetujuannya tergantung BKN, nanti seperti apa, BKN yang menentukan,” jelasnya.

Kekurangan yang terjadi yang terbesar di tenaga pendidik, kemudian tenaga kesehatan dan beberapa bidang lain.

“Tetap ya yang paling banyak itu guru, dan ada di bidang kesehatan. Tapi nantinya seperti apa, tergantung keputusan BKN, apakah formasi guru lagi yang diperbanyak atau formasi lain,” terangnya.

| Baca Juga:  Cuaca Buruk, Tangkapan Nelayan Berkurang

Arief belum bisa memastikan, mulai kapan informasi mengenai penerimaan CPNS tahun depan bisa diakses oleh masyarakat, termasuk kepastian penerimaan P3K di tahun ini.

“Belum ada informasi kita, termasuk P3K yang tadinya mau ada di tahun ini, kita juga belum ada informasi,” pungkasnya. (*)

Reporter : Maman Firmansyah
Editor : Linda Kusuma