Beranda Peristiwa Tuntut Kesejahteraan, Ribuan Anggota BPD Kabupaten Kediri Gelar Aksi

Tuntut Kesejahteraan, Ribuan Anggota BPD Kabupaten Kediri Gelar Aksi

BERBAGI
Tuntut Kesejahteraan, Ribuan Anggota BPD Kabupaten Kediri Gelar Aksi
Ribuan anggota BPD dari ratusan desa di kabupaten Kediri gelar aksi unjuk rasa, tuntut kesejahteraan.(foto : linda kusuma)

AGTVnews.com – Ribuan anggota Badan Permusyawaratan Desa ( BPD), yang tergabung dalam Forum Komunikasi BPD se-Kabupaten Kediri, menggelar aksi unjuk rasa,  Kamis (3/9/2020).

Aksi yang diberi nama aksi 392 tersebut digelar  di depan kantor Pemkab Kediri. Ada sekitar 1200 anggota BPD se-Kabupaten Kediri ikut menyuarakan aspirasinya. Mereka berasal dari 343 desa yang ada di Kabupaten Kediri.

Dalam aksi tersebut, massa membawa berbagai poster tuntutan.Tuntutan tersebut diantaranya bimtek terhadap BPD dan juga kenaikan tunjangan. Selama ini honor yang diterima BPD hanya Rp 100 ribu  sampai Rp 300 ribu perbulan.

Ketua FK BPD Kediri, Ali Sofyan mengatakan, aksi 392 ini sebagai bentuk kekecewaan dari anggota BPD Kediri. Karena sejak dilantik pada 17 September 2019 lalu belum pernah mendapatkan bimtek dari pemerintah daerah.

| Baca Juga:  Tari Seribu Topeng Meriahkan Peringatan Hari Jadi Kabupaten Kediri

“Aksi ini sebagai aksi lanjutan. Sebelumnya sudah beberapa kali keluhan kami ke pihak eksekutif dan legislatif tidak mendapatkan perhatian. Kita minta kejelasan tupoksi dan tugas dari BPD. Selain itu, kita juga mita agar pemerintah memprhatikan kesejahteraan dari anggota BPD,” ucapnya.

“Selama ini honor kita hanya 100 ribu sampai 300 ribu. Padahal di daerah lain, honor mereka jelas, minimal 600 ribu. Padahal APBD kita lho besar. Kita minta honor setidaknya 20 hingga 25% dari siltap (penghasilan tetap) kepala desa,” imbuhnya.

Dikatakan Ali, berdasarkan SK yang diterima, BPD merupakan mitra dari kepala desa, namun terlihat adanya kesenjangan terkait kesejahteraan. “Ini yang kami pertanyakan dan kita menuntut kejelasan,” tegasnya.

| Baca Juga:  Pemkab Kediri, Canangkan Bulan Bakti Gotong Royong Masyarakat ke-15

3 Point Tuntutan FK-BPD Disepakati

Sekitar 10 perwakilan dari Forum Komunikasi BPD diterima anggota dewan serta Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Pemerintahan Desa (DPMPD) untuk menyampaikan aspirasinya.

Dari pertemuan tersebut disepakati 3 poin yang menjadi tuntutan dari FK BPD yakni akan segera diadakan sidang paripurna pembuatan Perda terkait BPD, pembuatan perda tentang besaran tunjangan BPD minimal 20 persen dari siltap kepala desa dan segera adanya Bimtek untuk BPD.

Setelah tersepakati tiga poin tersebut, massa dengan tertib membubarkan diri. Aksi ini sempat menutup jalan Sukarno hatta Kota Kediri, sehingga arus lalu lintas terpaksa dialihkan melalui jalur alternatif. (*)

Reporter : Linda Kusuma
Editor : Yusuf Saputro