Beranda Peristiwa Ajak Warga Jaga Lingkungan, Penggiat Lingkungan Lakukan Bersih-bersih Sungai di Kediri

Ajak Warga Jaga Lingkungan, Penggiat Lingkungan Lakukan Bersih-bersih Sungai di Kediri

BERBAGI
Ajak Warga Jaga Lingkungan, Penggiat Lingkungan Lakukan Bersih-bersih Sungai di Kediri
para penggiat lingkungan membersihkan sungai mantren di Desa Menang. (foto: linda kusuma)

AGTVnews.com – Mengantisipasi adanya pencemaran sungai, sejumlah penggiat lingkungan bersama pemerintah Desa Menang Kabupaten Kediri melakukan kegiatan bersih-bersih kali Mantren di Desa Menang Kecamatan Pagu Kabupaten Kediri, Minggu (25/10/2020).

Penggiat lingkungan tersebut terdiri dari komunitas Eks Pramuka Putra Putri Indonesia (EPPI) Kediri bersama Rante Rau. Mereka melakukan kegiatan bersih-bersih sungai. Penggiat lingkungan menilai warga perlu diajak untuk terjun langsung melakukan pembersihan sungai.

Menurut Koordinator aksi bersih sungai, Beny Prasetya, mengatakan, selama ini warga menganggap membuang sampah disungai adalah hal yang wajar. Padahal hal tersebut bisa merusak lingkungan.

| Baca Juga:  Warga Badas Ditemukan Tergeletak di Pinggir Jalan Umum Pagu

“Banyak sekali sampah plastik dan sampah rumah tangga yang kita angkat dari sungai tadi. kalau ini dibiarkan nantinya bisa terjadi pendangkalan sungai,” jelasnya.

Dikatakan Beny, warga perlu terus diedukasi agar lebih mencintai lingkungannya. “Kita perlu mengedukasi warga, agar tidak merusak lingkungan dengan membuang sampah sembarang. Banyak sekali sampah rumah tangga yang ada disekitar sungai. Terlebih dibawah rumpun bambu banyak sekali tumpukan sampahnya,” ucapnya

Sementara itu, Lurah Menang, Linda Endrawati mengakui jika tingkat kesadaran masyarakat untuk membuang sampah pada tempatnya masih sangat kurang.

| Baca Juga:  Jutaan Pil Dobel L Dimusnahkan Kejari Kediri

“Saya berterimakasih sekali dengan para penggiat lingkungan yang sangat aktif ini. Memang tingkat kesadaran masyarakat sangat kurang sekali,” ucapnya.

Linda berharap, dengan adanya kegiatan bersih-bersih kali ini bisa menggugah kepedulian masyarakat terhadap lingkungannya.

“Semoga mereka akan lebih sadar. Apalagi sungai ini berada di kawasan wisata Sri Aji Jayabaya, yang sudah dikenal,” pungkasnya. (*)

Reporter : Linda Kusuma 
Editor : Yusuf Saputro