Beranda Peristiwa Bangun Irigasi, Warga Blitar Temukan Benda Purbakala

Bangun Irigasi, Warga Blitar Temukan Benda Purbakala

BERBAGI
Bangun Irigasi, Warga Blitar Temukan Benda Purbakala
satu diantara benda yang ditemukan, berupa batu seperti tugu. (foto: ana alana)

AGTVnews.com – Sejumlah benda diduga merupakan benda purbakala ditemukan warga di Desa/ Kecamatan Gandusari Kabupaten Blitar. Benda-benda tersebut ditemukan di dua lokasi diantaranya di sekitar aliran Sungai Mbesi dan sekitar pemakaman Suko.

Sekretaris Desa Gandusari, Syamsul Arifin, mengatakan total ada 19 benda yang ditemukan. Diantaranya 9 benda di aliran Sungai Mbesi dan 10 di sekitar pemakaman Suko.

Benda yang ditemukan berupa arca Ganesha, lesung, batu seperti tugu serta batu yang masih terlihat jelas ada ukirannya.

“Batu-batu ini ditemukan warga saat membuat saluran air. Sebenarnya ini sudah lama ditemukan, namun warga tidak tahu jika benda tersebut cagar budaya,” jelas Syamsul, Jumat (16/10/2020).

| Baca Juga:  Arkeolog Temukan Pagar Keliling Candi Gedog Blitar

Dengan adanya temuan tersebut, pihak desa kemudian berkonsultasi dengan pegiat cagar budaya Blitar dan Dinas Pariwisata, Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga (Disparbudpora).

“Setelah konsultasi tersebut, baru kemudian kita rencanakan langkah-langkah yang perlu diambil terkait temuan tersebut,” ucapnya.

Terpisah, Kepala Disparbudpora Kabupaten Blitar, Suhendro Winarso mengatakan, pihaknya telah mengecek lokasi penemuan itu. Pihaknya akan meminta bantuan tim ahli untuk meneliti benda-benda tersebut.

“Nanti kita akan melibatkan tim ahli untuk meneliti benda-benda tersebut,” pungkasnya.(*)

Reporter : Ana Alana
Editor : Linda Kusuma