Beranda Politik Bawaslu Blitar Copot APS Bergambar Salah Satu Paslon

Bawaslu Blitar Copot APS Bergambar Salah Satu Paslon

BERBAGI
Bawaslu Blitar Copot APS Bergambar Salah Satu Paslon
Ketua Bawaslu bersama OPD yang menjadi leading sektor pemasangan APS. (foto: ana alana)

AGTVnews.com – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Blitar bakal melepas alat peraga sosialisasi (APS) yang terpasang di beberapa tempat di Kabupaten Blitar.

APS yang dicopot berupa himbauan maupun sosialisasi yang pada isinya terdapat foto Bupati dan Wakil Bupati Blitar. Saat ini keduanya menjadi peserta Pemilihan Bupati Blitar 2020.

Ketua Bawaslu Kabupaten Blitar Hakam Solahudin mengatakan, pihaknya telah mengundang Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang menjadi leading sektor pemasangan APS. Rencananya APS yang masih terpasang ini akan dilepas mulai Jumat (23/10/2020).

“APS ini sudah terpasang jauh hari sebelum masa kampanye. Hari ini kita komitmen bersama untuk menertibkan APS yang terpasang di ruang publik. Seperti kantor kecamatan, kantor desa, tempat pendidikan, Puskesmas dan beberapa reklame permanen,” ujar Hakam, Kamis (22/10/2020).

| Baca Juga:  KPU Kabupaten Kediri Tetapkan Tata Letak Paslon Pilbup 2020

Dia menjelaskan, data yang diterima Bawaslu Kabupaten Blitar dari tiga kecamatan saja setidaknya masih ada ratusan APS yang masih terpampang. Jumlah ini belum termasuk kecamatan lain di Kabupaten Blitar yang jumlahnya ada 22.

“Dari tiga kecamatan laporan yang kami terima, APS yang ada gambarnya Paslon petahana jumlahnya mencapai ratusan. Mungkin kalau seluruh kabupaten di 22 kecamatan jumlahnya bisa menyentuh angka ribuan,” tegasnya.

Hakam menambahkan, sebelumnya Bawaslu telah memberikan tiga alternatif terkait APS bergambar Bupati dan Wakil Bupati Blitar. Pertama agar APS ditutupi, kedua diganti kontennya dan terakhir dilepas sendiri.

| Baca Juga:  Santoso-Tjutjuk Kantongi Rekom Demokrat Maju Pilwali Kota Blitar

“Deadline untuk tiga pilihan alternatif itu besok. Jadi
APS berisi apapun baik sosialisasi tentang pencegahan Covid-19, peringatan hari besar dan lain-lain yang ada gambarnya paslon maka besok akan kami lakukan penertiban,” pungkasnya.(*)

Reporter : Ana Alana
Editor : Linda Kusuma