Beranda Advetorial Hobi Coba-coba, Wanita di Kediri Raup Jutaan Rupiah Dari Bisnis Wreath Floral

Hobi Coba-coba, Wanita di Kediri Raup Jutaan Rupiah Dari Bisnis Wreath Floral

BERBAGI
Hobi Coba-coba, Wanita di Kediri Raup Jutaan Rupiah Dari Bisnis Wreath Floral
Mala Hayati dan wreath floral hasil kreasinya. (foto: linda kusuma)

AGTVnews.com – Berawal dari iseng dan coba-coba, ternyata Mala Hayati bisa meraup untung jutaan rupiah. Hobi membuat kerajinan tangan membawa berkah tersendiri bagi wanita 37 tahun ini.

Di rumahnya Gang Flamboyan Desa Katang Kecamatan Sukorejo Kabupaten Kediri ini, Mala membuka usaha handmadenya yang diberi nama Pappermint Craft. Berbagai macam jenis kerajinan tangan pernah dilakoni ibu tiga anak ini.

“Dulu awal saya pernah mencoba kerajinan decopage. Banyak sekali pesenan datang pada waktu itu. Sayangnya decopage ini terbatas pada pola dan media yang bisa digunakan. Ide kreatif saya tidak bisa mengalir,” jelas Mala, Kamis (8/10/2020).

Meski decopage terus dijalani, Mala mencoba juga melukis botol. Namun usaha ini mandeg, karena harga cat arcylic yang menjadi bahan dasar melonjak tajam.

“Dengan lukis botol, saya bisa menyalurkan ide kreatif saya. Tapi ya itu, harga catnya naik tajam. kalau bahan dasarnya saja sudah mahal, nanti dijual berapa,” ucapnya.

| Baca Juga:  DPRD Minta Polemik Makan Tan Malaka Diakhiri

Rejeki Kerajinan Rangkai Bunga Kering atau Wreath Floral

Ditengah kegalauannya untuk berkarya, wanita yang juga sebagai apoteker ini mencoba untuk merangkai bunga kering. Hasil rangkaian ini kemudian diunggah di media sosial miliknya. Ternyata banyak yang suka.

“Awalnya untuk merangkai bunga kering ini saya hanya coba-coba mengisi waktu luang. Hasil yang sudah jadi saya pasang di ruang tamu, juga saya unggah di media sosial saya. Ternyata banyak yang suka dan minta untuk dibuatkan,’ ucapnya.

Pesanan untuk wreath floral ini pun semakin banyak. Mala bahkan berburu bunga import agar hasil kreasinya semakin bagus. “Bunganya ini yang dipakai adalah bunga import. Warnanya lebih beragam dan bahannya juga lebih bagus. Jadi hasilnya lebih memuaskan,” tutur Mala.

ruang tamu Mala diubah menjadi galeri untuk memajang hasil kerajinan tangan miliknya. (foto: linda kusuma)

Dalam satu bulan, Mala bisa mendapatkan penghasilan dari kerajinan ini hingga Rp 10 juta. Untuk satu hari Mala bisa menyelesaikan 4 pesanan.

| Baca Juga:  Satpol PP Kediri Kejar-kejaran dengan Pengamen Yang Kabur Dari Razia

“Harganya bervariasi, tergantung bahan yang diminta. Ya, kisarannya antara Rp 175 hingga Rp 450 ribu. Karena ini buatan tangan, dan sesuai dengan kreasi, tidak ada yang benar-benar persis antara satu wreath dan wreath yang lain,” jelasnya.

Hasil kreasi Mala ini tidak hanya dipesan dari penjuru nusantara namun pesanan juga datang dari Malaysia dan Singapura. “Pesanan online yang paling banyak. Mereka lihat di instagram dan tertarik. Ya lumayanlah, untuk mengisi waktu luang, daripada bengong bisa mendapatkan uang,”pungkasnya.

Mala menggunakan rumahnya sekaligus sebagai galeri. Beragam bentuk wreath floral bisa dipilih dan dijadikan sebagai pemanis ruangan. Mungkin anda tertarik mempercantik huniannya, wreath floral bisa jadi satu pilihan. (*)

Advetorial Dinas Kominfo Kabupaten Kediri