Beranda Advetorial KPU Kabupaten Kediri Gelar Seminar Nasional Tingkatkan Partisipasi Perempuan Dalam Pilkada 2020

KPU Kabupaten Kediri Gelar Seminar Nasional Tingkatkan Partisipasi Perempuan Dalam Pilkada 2020

BERBAGI
KPU Kabupaten Kediri Gelar Seminar Nasional Tingkatkan Partisipasi Perempuan Dalam Pilkada 2020
seminar nasional peran perempuan dalam pilkada di Kabupaten Kediri. (foto: linda kusuma)

AGTVnews.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kediri menggelar seminar nasional peranan perempuan dalam partisipasi Pilkada 2020 di Kabupaten Kediri, Jumat (9/10/2020).

Seminar nasional tersebut mengambil tema “Mengkaji Peran Perempuan dan Dukungan Media Untuk Meningkatkan Partisipasi Masyarakat dalam Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati 2020.”

Seminar tersebut menghadirkan 2 narasumber yakni, Praktisi Hukum dan Akademisi, Dian Fericha dan Komisioner Komisi Penyiaran Indonesia, Nuning Rodiyah.

Komisioner KPU Divisi Sosdiklih SDM dan Parmas KPU Kabupaten Kediri, Nanang Qosim mengatakan, seminar diadakan karena selama 2 kali pelaksanaan pesta demokrrasi, partisipan di Kabupaten Kediri menurun.

Diharapkan dengan adanya seminar ini, partisipan akan bisa kembali meningkat. Terlebih perempuan memiliki peran yang sangat besar didalam kehidupan bermasyarakat.

| Baca Juga:  DPRD Minta Polemik Makan Tan Malaka Diakhiri

“Perempuan jumlahnya sangat banyak. Tanpa kita sadari justru perempuan lah yang menjadi motor penggerak di Kabupaten Kediri ini. Pemimpin kita perempuan, peran perempuan sangat besar,” ucap Nanang.

Wanita Bukan Sosok Lemah, Namun Motor Penggerak Masyarakat

Sementara itu dalam uraiannya, Dian Fericha yang juga merupakan dosen di Unisbamenyebut, perempuan memiliki peran sangat besar dalam kehidupan bermasyarakat. Tidak hanya sebagai sosok lemah yang tidak bisa berbuat apa-apa.

“Perempuan ini adalah sosok yang sangat komplek sekali. Proses menjadi seorang perempuan ini sangat panjang. Jadi secara emosional dia akan lebih sabar,” ucapnya.

Dikatakannya, partisipasi perempuan dalam proses pemilihan kepala daerah juga sangat besar. Suara mereka sangat menentukan.

Sementara itu, Komisioner KPI Nuning Rodiyah mengatakan, wanita perlu didorong lebih agar bisa lebih aktif menyalurkan suaranya didalam pilkada ini. Terlebih di masa pandemi ini, perlu sosialisasi yang lebih jelas, terkait protokol kesehatan dan tata cara pemilihan di masa pandemi.

| Baca Juga:  Pemkab Bagikan Paket Ikan Bagi Balita di Kediri

“Jangan samapi karena informasi yang diterima kurang. Akhirnya memilih untuk tidak datang ke TPS. Atau mereka malas melihat namanya terdaftar atau tidak. Ini yang harus kita dorong, wanita bisa dan memiliki peran dalam pemilihan,” tegasnya.

Kegiatan seminar ini dihadiri sejumlah tokoh perempuan di Kabupaten Kediri. Diharapkan mereka akan menjadi relawan atau agen demokrasi yang mendorong warga sekitarnya untuk berpartisipasi dalam Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati 2020. (*)

Advetorial Dinas Kominfo Kabupaten Kediri