Beranda Advetorial Membanggakan, Kota Blitar Raih WTP 10 kali Berturut-turut

Membanggakan, Kota Blitar Raih WTP 10 kali Berturut-turut

BERBAGI
Membanggakan, Kota Blitar Raih WTP 10 kali Berturut-turut
Pjs Walikota Blitar, Jumadi menerima langhsung penghargaan predikat WTP dari Gubernur jawa Timur. (foto: istimewa)

AGTVnews.com – Prestasi membanggakan diraih Pemerintah Kota (Pemkot). Untuk kesepuluh kalinya, pemkot Blitar dapatkan predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP). Prestasi membanggakan ini merupakan kerja keras semua pihak, yang terus konsisten menjaga kinerjanya.

Pjs Walikota Blitar, Jumadi mengatakan, para abdi negara di lingkup Pemkot Blitar bekerja keras menjaga keberlangsungan pengelolaan keuangan yang sesuai dengan standar akuntasi keuangan pemerintah.

“Ini yang paling berat. Jadi konsisten mempertahankan sejak tahun 2010 hingga 2020 ini,” kata Jumadi, Senin (19/10/2020).

Penghargaan WTP ini diserahkan langsung oleh Gubernur Jawa timur, Khofifah Indar Parawansa di Convention Hall Lantai III Grand City Surabaya.

Dikatakan Jumadi, Kota Blitar merupakan satu-satunya daerah di Jawa Timur yang mampu menyabet predikat opini WTP dari BPK sebanyak 10 kali berturut-turut.

“Pengelolaan keuangan patuh dengan undang-undang. Selain itu fungsi aparat pengawasan internal (APIP) berjalan dengan baik,” tambah Jumadi.

| Baca Juga:  Jalan Protokol di Kota Blitar Disemprot Desinfektan

Jumadi juga menjelaskan lagi banyak yang menjadi pertimbangan kenapa Kota Blitar mampu mempertahankan opini WTP. Salah satu yang paling mudah dipahami yakni konsisten dan mampu membangun SDM dengan baik.

Setiap tahun ada pergeseran SDM. Tetapi para ASN bisa menjaga ritme pengelolaan keuangan sesuai dengan standar akuntansi keuangan pemerintah. Tentunya lagi yakni satu kata.

“Inilah hasilnya. Berkat kerja keras teman-teman di Pemkot Blitar, akhirnya bisa mempertahankan opini WTP hingga 10 kali,” katanya.

Pertahankan Prestasi Pemkot Siapkan Perencanaan Matang

Untuk mempertahankan agar Kota Blitar bisa mempertahankan prestasi ini di tahun depan, Jumadi sudah menyiapkan perencanaan yang matang.

Pjs walikota bersama Sekretaris Daerah (sekda) Rudi Wijonarko dan sejumlah kepala organisasi perangkat daerah (OPD) melakukan organizing.

“Kita bentuk forum mingguan. Forum ini sebagai salah satu cara untuk deteksi dini. Agenda forum mingguan setiap awal pekan ini dalam rangka menjaring dan identifikasi. Soal penyerapan anggaran misalnya. Ketika ada masalah bisa langsung diambil langkah-langkah penyelesaiannya. Tindakan preventiflah,” jelasnya.

| Baca Juga:  Tingkatkan Peran Masyarakat, Pemkot Blitar Gelar Pembinaan RT/RW dan LPMK

Jumadi berpesan agar para ASN dan semua pihak bisa bergandeng tangan dalam mempertahankan opini WTP.

“Pengelolaan aset-aset, pengamanan aset dan lain sebagainya harus maksimal. Saat ini merupakan momen yang tepat untuk bersiap-siap. Tantangan dari tahun ke tahun sangat berat,” ucapnya.

Jumadi juga mengingatkan agar warga Kota Blitar tetap disiplin menjalankan protokol kesehatan. “Jangan lupa untuk selalu melaksanakan 3M yakni mencuci tangan, memakai masker dan menjaga jarak. Saat ini Kota Blitar berada pada zona orange dan menuju kuning. Jika mampu disiplin 3 M, bukan tidak mungkin beranjak ke zona hijau atau zero Covid-19,” pungkasnya.(adv)