Beranda Pemerintahan Paket Kuota Pembelajaran Daring Tidak Sesuai Yang Dijanjikan

Paket Kuota Pembelajaran Daring Tidak Sesuai Yang Dijanjikan

BERBAGI
Paket Kuota Pembelajaran Daring Tidak Sesuai Yang Dijanjikan
pembagian kuota internet bagi guru dan siswa di Tulungagung. (foto: maman firmansyah)

AGTVnews.com – Paket kuota belajar bagi guru dan siswa di Tulungagung dinilai tidak sesuai seperti yang dijanjikan. Dari 42 giga yang diberikan hanya bisa digunakan 5 giga saja. Sementara sisanya berupa data untuk penggunaan aplikasi.

Salah satu guru SD di Tulungagung, Yenri mengaku,sudah menerima paket kuota yang dijanjikan pemerintah tersebut. Sayangnya paket tersebut hanya diterima sebagian kecil guru, dan belum seluruhnya.

“Saya sudah dapat, paling yang sudah menerima itu baru 10 persen di sekolah saya, dari seluruh guru dan siswa yang kemarin diajukan oleh kepala sekolah,” ujarnya.

Yenri menjelaskan, setelah menerima kuota tersebut, barulah dirinya mengetahui jika 42 giga yang dijanjikan oleh pemerintah untuk guru tersebut tidak semua bisa digunakan sesuai dengan kebutuhan guru untuk memudahkan proses belajar daring.

| Baca Juga:  Antisipasi Aksi Anarkis Pendekar, Forkopimda Tulungagung Gelar Pertemuan

“Tahunya barusan, 37 giga untuk mendownload dan mengoperasikan aplikasi yang ndak diminati. Bisa dilihat dari jumlah downloadnya. Hanya 5 giga yang bisa digunakan untuk kuota umum,” terangnya.

Yenri menyebut, secara umum untuk guru kelas seperti dirinya minimal menghabiskan 20 gigabite kuota internet perbulan.

“Saya itu rata-rata seminggu habis 5 giga, sebulan ya 20 giga. Kalau dulu saya fikir 42 giga itu untuk internet tanpa pembatasan, kalau seperti ini ya pasti nanti akan ramai, komplain,” tegasnya.

Pembagian yang sama juga dialami oleh kuota yang diterima oleh siswa, menurutnya dari 35 giga yang diterima oleh siswa, hanya 5 gigabite yang bisa digunakan untuk internet secara umum. Sisanya 30 giga hanya bisa digunakan untuk aplikasi-aplikasi yang telah ditentukan.

| Baca Juga:  Pikap Hancur Tertabrak Kereta Barang, Sopir dan Kernet Selamat

Sementara itu Plt Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Tulungagung, Haryo Dewanto mengakui belum mendapatkan laporan resmi dari masing-masing sekolah terkait data paket kuota yang sudah dibagikan.

“Itu kan langsung masuk nomer hapenya masing-masing. Sampai sekarang kita belum dapat laporan dari sekolah-sekolah,” pungkasnya.(*)

Reporter : Maman Firmansyah
Editor : Linda Kusuma