Beranda Peristiwa Peduli Lingkungan, Jurnalis Kediri Deklarasikan FJH

Peduli Lingkungan, Jurnalis Kediri Deklarasikan FJH

BERBAGI
sejumlah jurnalis Kediri deklarasikan FJH, sebagai bentuk kepedulian terhadap kelestarian lingkungan hidup. (foto: istimewa)

AGTVnews.com – Prihatin dengan kondisi lingkungan hidup yang terus mengalami pengrusakan, sejumlah jurnalis di Kediri deklarasikan Forum Jurnalis Hijau (FJH), Sabtu (17/10/2020).

Forum ini muncul dari keprihatinan mereka terhadap kerusakan alam diantaranya, pengrusakan hutan akibat penebangan ataupun kebakaran, bencanan kekeringan, banjir maupun permasalahan lingkungan hidup lainnya.

Koordinator FJH, Nanang Masyhuri, menjelaskan bahwa selama ini jurnalis, khususnya di Kediri ini, memang agak kurang memberitakan isu-isu lingkungan. Pemberitaan dilakukan hanya jika ada penggiat lingkungan yang melakukan aksi.

“Dengan berdirinya Forum Jurnalis Hijau ini, kami berharap kedepan tidak hanya bisa menulis saja, tapi kami bisa ikut terlibat dalam setiap aksi. Selama aksi tersebut tidak mengganggu tugas-tugas jurnalistik kami,” ucapnya.

| Baca Juga:  Puluhan Hektar Lahan Lereng Wilis Terbakar

Dikatakan Nanang, untuk tahap awal ini baru ada 6 jurnalis yang tergabung dalam Forum Jurnalis Hijau Kediri ini. Diharapkan akan ada jurnalis-jurnalis lain yang sepemahaman dan ikut membantu menjaga pelestarian lingkungan.

“Dengan adanya Forum Jurnalis Hijau ini, kami berharap isu-isu terkait lingkungan, khususnya di wilayah Kediri, dapat diangkat menjadi sebuah informasi atau pemberitaan sehingga dapat diketahui oleh masyarakat,” pungkas Nanang.

Sementara itu, Jito jurnalis Harian Bangsa/ BangsaOnline, yang merupakan Humas FJH mengatakan, siap untuk bekerjasama dengan sejumlah pihak terkait untuk kelestarian lingkungan.

| Baca Juga:  Perkawis Kediri Kecam Penggundulan Hutan Lindung Lereng Wilis

“Kita akan gandeng pihak-pihak lain, agar nantinya rasa peduli dengan lingkungan akan semakin tinggi. Sehingga kelestarian alam untuk anak cucu kita akan terus terjaga,” pungkasnya.

Diketahui, selama ini telah ada Society of Indonesian Environmental Journalists (SIEJ), yang menjadi tempat bagi jurnalis peduli lingkungan. Asosiasi ini tersebar di 26 provinsi di Indonesia. Diharapkan FJH nanti bisa juga menjadi wadaha bagi jurnalis Kediri untuk lebih peduli pada lingkungan. (*)

Reporter : Linda Kusuma 
Editor : Yusuf Saputro