Beranda Peristiwa Pelajar di Jombang Diamankan Polisi Karena Ikut Demo Tolak UU Cipta Kerja

Pelajar di Jombang Diamankan Polisi Karena Ikut Demo Tolak UU Cipta Kerja

BERBAGI
Petugas Polres Jombang m,engamankan massa pelajar SMK yang akan ikut aksi unjuk rasa mahasiswa menolak UU Cipta Kerja di gedung DPRD Jombang. (foto: aan hidayat)

AGTVnews.com – Aksi kericuhan antara puluhan massa diduga pelajar Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dan petugas Polres Jombang, mewarnai aksi unjuk rasa mahasiswa menolak UU Cipta Kerja, Jumat (09/10/2020).

Massa yang diketahui berseragam SMK ini, kalang kabut ketika polisi menghalau kedatangan mereka di Jalan Wahid Hasyim Kepanjen Jombang. Massa hendak bergabung dengan mahasiswa di Gedung DPRD Jombang.

Polisi yang mengetahui kedatangan mereka, langsung menghentikan karena dianggap massa gelap. Meski sempat diusir petugas, namun mereka nekad bergabung melalui jalan lain.

| Baca Juga:  Minta Walikota Menyerahkan Diri, Puluhan Warga Gelar Aksi Unjuk Rasa

Petugas Polres Jombang yang geram berupaya mengamankan mereka untuk tidak ikut aksi. Alhasil, aksi kejar–kejaran petugas dengan massa tak terhindarkan. Lebih dari 10 pelajar diamankan petugas kepolisian.

“Kita belum tahu mereka ini siapa. Namun banyak yang menggunakan seragam sekolah. Sehingga kami amankan sebab yang izin unjuk rasa hanya mahasiswa. Soal identitas mereka nanti kita periksa terlebih dahulu, “ terang Kabap Ops Polres Jombang, Kompol Mohammad Puji, di lokasi kejadian.

Aksi unjuk rasa sendiri, dilakukan gabungan organisasi mahasiswa di Kabupaten Jombang. Para mahasiswa menuntut agar DPRD Jombang juga menyuarakan aspirasi mereka untuk mencabut UU Cipta Kerja yang dianggap banyak merugikan buruh.

| Baca Juga:  Ratusan Petani Tuntut Bupati Cabut Izin Pabrik Gula

“Kami sengaja turun kejalan untuk menuntut pencabutan UU Cipta Kerja. Pasalnya, banyak yang merugikan buruh dan hanya menguntungkan para investor. Ini yang kami tuntut,” terang Viawili salah satu mahasiswi yang ikut aksi.(*)

Reporter: Aan Hidayat
Editor : Yusuf Saputro