Beranda Advetorial Pemkab Blitar Lakukan Pengawasan Tempat Wisata, Antisipasi Munculnya Klaster Pasca Libur Panjang

Pemkab Blitar Lakukan Pengawasan Tempat Wisata, Antisipasi Munculnya Klaster Pasca Libur Panjang

BERBAGI
Pemkab Blitar Lakukan Pengawasan Tempat Wisata, Antisipasi Munculnya Klaster Pasca Libur Panjang
Pjs Bupati Blitar Budi Santosa, saat melakukan pengecekan di Kesambi Trees Park. (foto: ana alana)

AGTVnews.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Blitar membentuk tim yang berkeliling ke tempat-tempat wisata di Kabupaten Blitar. Tim ini melakukan pengawasan terhadap penerapan protokol kesehatan selama libur panjang, Rabu (28/10/2020).

Pengawasan dilakukan untuk mencegah munculnya klaster baru penularan Covid-19 usai libur panjang.

Pjs Bupati Blitar Budi Santosa memimpin langsung pengawasan. Dia mengatakan, pengelola tempat wisata harus menerapkan protokol kesehatan secara optimal. Termasuk menyiapkan sarana dan prasarana yang mendukung penerapan protokol kesehatan. Selain pengelola, dia juga mengingatkan agar wisatawan taat memakai masker.

“Untuk masker kami minta pengelola juga menyiapkan, jadi apabila ada wisatawan yang tak pakai masker langsung diberi masker,” tutur Budi.

| Baca Juga:  Bupati Blitar Dampingi Menteri Pertanian Kunjungi Pabrik Gula RMI

Dia menambahkan, libur panjang di masa pandemi ini memang menjadi sebuah dilema. Di sisi lain sektor ekonomi dan wisata harus bangkit, namun di sisi lain penularan Covid-19 juga harus ditekan. Untuk itu kerjasama semua pihak sangat dibutuhkan.

“Kita mengupayakan ekonomi jalan, pariwisata bangkit, namun dengan pengawasan ketat. Semua harus taat protokol kesehatan untuk menghindari penularan Covid-19,” jelasnya.

Meski begitu, Budi menegaskan tidak akan segan memberi sanksi sesuai aturan yang berlaku jika menemukan pelanggar prokes. “Sanksi tetap kita berlakukan,” tegasnya.

| Baca Juga:  Gubernur Jatim Apresiasi Inovasi Salam Empat Jari Dispendukcapil Blitar

Dalam pengawasan yang dimulai sejak pukul 08.00 WIB itu, tim satu bersama Pjs Bupati Budi Santosa melakukan pengawasan di Negeri Dongeng dan Kesambi Trees Park di Kecamatan Ponggok. Setelah itu mereka ke Candi Penataran dan Kebun Kopi Karanganyar di Kecamatan Nglegok.

Sementara tim dua melakukan pengawasan di Kecamatan Kademangan dan Kecamatan Sutojayan. Dimana kedua tempat itu, terdapat wisata edukasi Kampung Coklat, wisata Bukit Bunda serta alon-alon Lodoyo.(*)

Reporter : Ana Alana
Editor : Linda Kusuma