Beranda Advetorial Pemkab Blitar Sukses Gelar Festival Kresnayana Secara Tertutup dan Terbatas

Pemkab Blitar Sukses Gelar Festival Kresnayana Secara Tertutup dan Terbatas

BERBAGI
Pemkab Blitar Sukses Gelar Festival Kresnayana Secara Tertutup dan Terbatas
kemeriahan festival Kresnayana. (foto:ana alana)

AGTVnews.com – Pemkab Blitar melalui Dinas Pariwisata, Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga (Parbupora) kembali menggelar Festival Kresnayana tahun 2020.

Ditengah pandemi ini, kegiatan tahunan tersebut digelar secara tertutup dan dengan pengunjung terbatas. Meski demikian festival tersebut berjalan sangat meriah.

Pjs Bupati Blitar, Budi Santoso mengatakan, di masa pandemi pihaknya tidak memungkinkan untuk mengumpulkan atau mengundang massa dan penonton untuk menikmati pagelaran Sendratari Kresnayana.

Namun demikian,  pihaknya mempersilahkan masyarakat dan peminat kebudayaan untuk menikmati siaran langsung melalui kanal YouTube milik Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Blitar dan kanal Amazing Blitar.

Pjs Bupati Ingatkan Masyarakat Tetap Patuh Protokol Kesehatan

Lebih jauh Budi Santoso mengajak masyarakat Blitar khususnya untuk tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan. Dia mengingatkan kembali agar warga tetap menerapkan 3M, yakni memakai masker ketika di luar rumah, sering mencuci tangan dengan sabun dan selalu berjaga jarak satu dengan yang lain.

| Baca Juga:  Pemkab Blitar Terima Bantuan APD Dari Pertamina dan Hiswana Migas

“Untuk itu mari kita mulai dari kita sendiri dan keluarga kita untuk selalu disiplin menerapkan protokol kesehatan dengan memakai masker, mencuci atau membersihkan tangan secara teratur dengan sabun dan menjaga jarak,” kata Budi Santoso membuka Festival Kresnayana, Senin (26/10/2020) malam.

Mengakhiri pesannya, Budi Santoso berharap pandemi Covid-19 segera selesai sehingga Festival Kresnayana bisa kembali diselenggarakan secara kolosal di Candi Penataran.

Sendratari Krenayana, jelas Budi Santoso, mengisahkan delapan laku watak atau sifat utama yang harus di pegang dan dilaksanakan oleh seorang pemimpin untuk bisa mengayomi keluarga dan masyarakatnya.

| Baca Juga:  Diawasi Bupati Langsung, Penyaluran BLT DD di Kabupaten Blitar Tuntas di 130 Desa

“Pagelaran Sendratari Kresnayana bisa menjadi kabanggaan Jawa Timur, khususnya Blitar. Kalau Jawa Tengah memiliki Candi Prambanan dan mempunyai Sendratari Ramayana, sedangkan Jawa Timur di Kabupaten Blitar memiliki Candi Penataran, yang terdapat relief cerita tentang Kresnayana,” tutur Budi Santoso. (*)

Reporter : Ana Alana
Editor : Linda Kusuma