Beranda Peristiwa Satpol PP Kediri Kejar-kejaran dengan Pengamen Yang Kabur Dari Razia

Satpol PP Kediri Kejar-kejaran dengan Pengamen Yang Kabur Dari Razia

BERBAGI
Satpol PP Kediri Kejar-kejaran dengan Pengamen Yang Kabur Dari Razia
sejumlah pengamen yang tertangkap, merupakan muka lama. (foto: istimewa)

AGTVnews.com – Sejumlah petugas Satpol PP terlibat aksi kejar-kejaran dengan beberapa pengamen di wilayah Kabupaten Kediri, Selasa (13/10/2020).

Para pengamen ini berusaha kabur dari razia yang digelar petugas gabungan di sejumlah simpang empat di Kabupaten Kediri. Razia cipta kondisi ini dilakukan petugas gabungan dari Satpol PP Kabupaten Kediri, Dinas Sosial dan Dinas Kesehatan Kabupaten Kediri.

Hasilnya, 6 pengamen diamankan petugas. Rata-rata mereka langsung lari, saat melihat kedatangan petugas.

Tidak ingin sasarannya hilang, petugas dengan cekatan mengejar mereka dan berhasil mengamankannya. Ada pengamen yang memilih untuk bersembunyi di masjid, namun berhasil diamankan petugas.

PLT Kepala Dinsos kabupaten Kediri, Suharsono mengatakan, operasi penertiban Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS) ini bertujuan untuk menciptakan situasi aman dan tertib di Kabupaten Kediri.

| Baca Juga:  Pemerintah Kabupaten Kediri Segera Lantik Kades Terpilih

Tidak hanya itu, razia ini juga sebagai salah satu upaya untuk pencegahan penyebaran Covid-19 dari jalanan.

“Kami melakukan penertiban terhadap PMKS untuk menciptakan suasana Kabupaten Kediri yang aman dan kondusif, serta mencegah terjadinya klaster baru penyebaran Covid-19 diantara mereka,” ujarnya.

Kebanyakan para pengamen yang tertangkap ini sudah sering terjaring razia serupa. Saat diamankan, para pengamen ini tidak memakai masker. Setelah diamankan, petugas kemudian melakukan pengecekan suhu tubuh dan mensterilkan mereka menggunakan cairan desinfektan.

Satu diantara pengamen yang tertangkap, mengaku butuh biaya untuk hidup sehari-hari. Mereka hanya bisa mengamen dan tidak memiliki pekerjaan tetap.

| Baca Juga:  Sepasang Kekasih Digrebek Warga, si Cewek Ketahuan Bugil

“Yang penting kan halal. Saya biasanya mengamen ke kampung-kampung, tetapi hari ini pas di jalan, akhirnya tertangkap,”ucap satu diantara pengamen.

Para pengamen yang tertangkap ini mendapatkan pembinaan dan diminta untuk tidak kembali ke jalanan. Jika tertangkap kembali akan diberikan sanksi yang lebih berat.

Razia cipta kondisi ini digelar diantaranya di kecamatan Papar, Kecamatan Pare dan Kecamatan Gurah. Razia ini akan terus digelar di kecamatan-kecamatan yang lain, guna menciptakan situasi Kabupaten Kediri agar tetap aman dan kondusif. (*)

Advetorial Dinas Kominfo Kabupaten Kediri