Beranda Peristiwa Sebabkan Listrik Padam, PLN Akan Pidanakan Pemilik Layang-layang

Sebabkan Listrik Padam, PLN Akan Pidanakan Pemilik Layang-layang

BERBAGI
Sebabkan Listrik padam, PLN Akan Pidanakan pemilik Layang-layang
layang-layang raksasa yang sering kali menyebabkan gangguan pemadaman listrik. (foto: maman firmansyah)

AGTVnews.com – Perusahaan Listrik Negara (PLN) Rayon Tulungagung akan mempidanakan para pemilik layang-layang yang menyebabkan gangguan jaringan listrik.

Pernyataan ini disampaikan Manajer Unit Pelayanan PLN Rayon Tulungagung, Timbar Imam Priyadi.  Menurutnya, PLN telah menjalin kerja sama dengan Pemkab Tulungagung dan Polres Tulungagung untuk menyampaikan kepada masyarakat mengenai larangan dan sanksi pidana bagi pemilik layang layang yang menyebabkan terjadinya gangguan jaringan.

“Jadi sesuai dengan Undang Undang nomor 30 tahun 2009 tentang Ketenagalistrikan pasal 51 ayat 1 dan 2 disebutkan, setiap orang yang tidak memenuhi keselamatan ketenagalistrikan sehingga mempengaruhi kelangsungan penyediaan tenaga listrik dipidana 3 tahun penjara dan denda maksimal Rp 500 juta, jika perbuatannya mengakibatkan terputusnya aliran listrik dan merugikan masyarakat maka yang bersangkutan bisa dipidana selama 5 tahun dan denda maksimal Rp 2,5 Milyard,” tuturnya, Jumat (2/10/2020).

| Baca Juga:  Ini Penyebab Seringnya Pemadaman Listrik di Tulungagung

Hanya Diberi Peringatan Pemilik Layang-layang Tak Jera

Timbar menegaskan, selama ini pemilik layang-layang yang mengganggu jaringan hanya diberikan teguran peringatan dan peringatan tertulis agar tidak mengulangi lagi perbuatannya.

“Sudah kita rapatkan, untuk pelaku akan kita pidanakan, kita laporkan ke Polisi. Kalau selama ini masih peringatan dan himbauan namun selanjutnya akan lebih tegas,”ucapnya.

Dari data di unit Pelayanan PLN Tulungagung, selama 4 bulan terakhir terdapat 20 kali gangguan jaringan PLN yang disebabkan karena layang-layang.

Pola pemilik layang-layang adalah menerbangkannya hingga malam dan meninggalkannya begitu saja tanpa menurunkannya terlebih dahulu.

| Baca Juga:  Ini Penyebab Terjadinya Pemadaman Listrik di Wilayah Tulungagung

“Jadi mereka ini menerbangkan layang-layangnya kemudian di tinggal. Nah pas malam atau pas hujan itu, layang-layangnya jatuh tepat mengenai jaringan listrik, dan mengakibatkan pemadaman listrik,” ujarnya.

Untuk mengantisipasi hal tersebut, secara internal PLN telah melakukan razia layang-layang. Razia dilakukan dengan mendatangi pemilik layang-layang ukuran besar yang sedang menerbangkan layang-layangnya di sore hari dan meminta untuk menurunkan di malam hari.(*)

Reporter : Maman Firmansyah
Editor : Linda Kusuma