Beranda Pemerintahan Separo ASN Tulungagung Kembali WFH

Separo ASN Tulungagung Kembali WFH

BERBAGI
Separo ASN Tulungagung Kembali WFH
separo ASN di Tulungagung kembali menjalani WFH. (foto; maman firmansyah)

AGTVnews.com – Separo dari Aparatur Sipil Negara di Kabupaten Tulungagung kembali menjalani Work from Home (WFH).

Hal ini berdasarkan Surat Edaran (SE) Bupati Tulungagung nomor 800/187/203/2020 tentang penyesuaian aktivitas dan sistem kerja dalam tatanan normal baru bagi ASN Pemkab Tulungagung tertanggal 15 Oktober 2020.

Kabag Humas dan Protokol Pemkab Tulungagung, Galih Nusantoro mengatakan, informasi tersebut telah disampaikan kepada seluruh instansi di lingkup Pemkab Tulungagung.

“Iya sejak kemarin, Kamis (22/10/2020), 50 persen ASN di lingkup Pemerintaha Kabupaten Tulungagung menjalani WFH,” ucap Galih, Jumat (23/10/2020).

Teknis pelaksanaanya telah dipertimbangkan oleh Badan Kepegawaian dan Pengembangan SDM Pemkab Tulungagung dan sudah disampikan ke pimpinan instansi.

WFH Bukan Karena ASN Terkonfirmasi  Positif

Sementara itu dikonfirmasi terpisah, Kepala BKPSDM Pemkab Tulungagung, Arief Budiono mengatakan, pemberlakukan Surat Edaran ini sesuai dengan petunjuk Kementrian Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi.

| Baca Juga:  Bupati Tulungagung Siapkan Perawatan Bagi Korban Bus Rombongan Guru TK

“Jadi WFH ini bukan karena ada ASN yang terkonfirmasi, tapi memang sesuai dengan arahan Kemenpan RB. Kemenpan RB menerapkan WFH bagi ASN agar tak ada penyebaran covid-19 di lingkup ASN,” ungkapnya.

Aturan ini hanya berlaku untuk ASN yang menjabat sebagai staff, sedangkan pimpinan instansi tidak dikenakan aturan ini, artinya mereka harus tetap bekerja dari kantor.

Meski WFH Pelayanan Tetap Tidak Terganggu

Kendati tidak bekerja dari kantor, namun ASN yang sedang melaksanakan WFH harus tetap mengikuti aturan yang diterapkan. Mereka harus mau datang ke kantor jika ada pekerjaan yang harus diselesaikan atau dibutuhkan sewaktu-waktu oleh pimpinan.

| Baca Juga:  Ini Formasi CPNS di Tulungagung

“Bekerja dari rumah lo ya, bukan liburan dan harus siap jika diperlukan untuk datang ke kantor, karena kerjaan yang belum selesai,” ucapnya.

Arief menjelaskan, Kabupaten Tulungagung yang ada di zona kuning penyebaran Covid-19  memiliki pilihan untuk prosentase ASN yang menjalani WFH, antara 40-60 persen atau 50-50 persen.

Meski 50 persen ASN menjalani WFH namun pihaknya memastikan pelayanan pemerintah kepada masyarakat tidak terganggu, dengan menerapkan beberapa kebijakan yang telah disiapkan oleh masing masing instansi. (*)

Reporter : Maman Firmansyah
Editor : Linda Kusuma