Beranda Hukum Kriminal Simpan Sabu Dalam Krupuk Wedi, Pembesuk Lapas Tulungagung Diamankan

Simpan Sabu Dalam Krupuk Wedi, Pembesuk Lapas Tulungagung Diamankan

BERBAGI
Simpan Sabu Dalam Krupuk Wedi, Pembesuk Lapas Tulungagung Diamankan
FT juga selundupkan beberapa obat-obatan ke dalam baskom nasi yang dibawanya. (foto: maman firmansyah)

AGTVnews.com – Petugas keamanan lapas kelas IIB Tulungagung dan Satreskoba Polres Tulungagung ungkap kasus penyelundupan sabu kedalam lapas. Paket sabu ini dibawa seorang pembesuk lapas yang akan diberikan kepada seorang tahanan di lapas Tulungagung.

Kepala Lapas Kelas IIB Tulungagung, Tunggul Buwono mengatakan, terbongkarnya penyelundupan ini bermula dari kecurigaan petugas terhadap seorang pembesuk, FT. FT datang ke Lapas dengan membawa lauk pauk, nasi, kerupuk dan rokok.

“FT meminta untuk masuk, padahal pada saat itu, memakai celana pendek. Kemudian barang bawaannya kita periksa terlebih dahulu, baru orangnya dipanggil,” ujarnya, Jumat (23/10/2020).

Dikatakan Tunggul, saat memeriksa barang bawaan FT, petugas curiga dengan satu pak rokok yang dibawa. Rokok tersebut terlihat menggelembung meskipun tersegel.

| Baca Juga:  Miris, Peredaran Obat Keras di Blitar Sudah Sasar Siswa SMP

“Rokoknya itu menggelembung, akhirnya kita periksa dan ternyata di dalamnya ada paket sabu. Pemeriksaan dilakukan untuk barang bawaan lain. Ternyata didalam krupuk goreng pasir ada paket sabu juga. Selain itu ada beberapa okerbaya yang ditempelkan di baskom nasi. FT kemudian langsung kita amankan,” ucapnya.

Tunggul menyebut, modus yang dilakukan oleh FT ini termasuk modus baru dalam penyelundupan barang terlarang ke dalam lingkup Lapas.

“Yang sebelum-sebelumnya penyelundupan dilakukan dengan cara mlempar melalui para sampaing lapas. Ini termasuk modus baru, dan kita sudah koordinasi dengan Satreskoba untuk pengembangannya,” tegas Tunggul.

| Baca Juga:  Butuh Tambahan Biaya Hidup, Nenek Paruh Baya Jual Pil Koplo

Sementara itu Kasatreskoba Polres Tulungagung, AKP Andri Setya Putra mengatakan, total sabu yang berhasil diamankan mencapai 15,9 gram. Sementara okerbaya yang diamankan 20 butir Clonazepam, 19 butir Alpazolam dan 24 butir Alganax.

“Tentu akan kita dalami, kepada siapa dia mengirim ini, dari mana dapatnya. Menurut pengakuan tersangka sampai saat ini, barang tersebut diperoleh dengan sistem ranjau. Ngakunya dikasih uang 100 ribu untuk ngirim paket ini,” pungkas Andri.(*)

Reporter : Maman Firmansyah
Editor : Linda Kusuma